Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis CIRC(Cooperative Integrated Reading and Composition). Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah Ambon Kecamatan Sirimau

Siwasiwan, Sitti Maryam (2020) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis CIRC(Cooperative Integrated Reading and Composition). Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah Ambon Kecamatan Sirimau. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang terdapat dalam dunia pendidikan masih terbatasnya bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam memperkaya pengalaman. Membangun pengetahuan siswa dan menunjang kemampuan berpikir siswa untuk menemukan sendiri dalam menyelesaikan masalah Biologi. Salah satu bahan ajar tersebut adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis CIRC pada mata pelajaran biologi kelas VIII di SMP yang di kembangkan. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang di gunakan adalah model pengembangan 4-D model tersebut di modifikasi ke dalam empat langkah pengembangan yaitu pendifinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah intrumen kevalidan berupa angket, instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen keefektifan berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan uji coba kevalidan Lembar Kegiatan Siswa yang dikembangkan berada pada kriteria Valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 4,3 (valid). Sedangkan uji coba kevalidan tes hasil belajar berada pada kriteria valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 4,1(valid). uji coba kepraktisan Lembar Kegiatan Siswa yang dikembangkan berada pada kriteria terlaksana dengan baik dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 4,3 (terlaksana dengan baik). Sedangkan uji coba keefektifan Lembar Kegiatan Siswa pada tes hasil belajar siswa berada pada kriteria tinggi dengan nilai rata-rata 77.58 (tinggi) dengan presentase ketuntasan klasikal 96%. Siswa juga memberikan respon positif terhadap Lembar Kegiatan Siswa yang dikembangkan, dari tiap-tiap pertanyaan diperoleh jawaban SS (sangat setuju) dan S (setuju) sudah mencapai lebih dari 70% siswa yang memberi respon positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan Lembar Kegiatan Siswa. Hal ini menandakan bahwa Lembar Kegiatan Siswa yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Lembar Legiatan Siswa yang dikembangkan memenuhi kariteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Cornelia Pary, M. Pd / Pembimbing II : Janaba Renngiwur, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sistem Pernapasan Pada Manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 14 Jan 2021 01:40
Last Modified: 14 Jan 2021 01:40
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item