Implementasi Pendidikan Akhlak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Pondok Pesantren Salafiyah Ishaka Ambon

-, Sarmin (2020) Implementasi Pendidikan Akhlak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Pondok Pesantren Salafiyah Ishaka Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Adapun tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlak peserta didik dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Pondok Pesantren Salafiyah Ishaka Ambon. Dan untuk mengetahui pendukung dan penghambat implementasi pendidikan akhlak peserta didik dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Pondok Pesantren Salafiyah Ishaka Ambon. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 11 Desember 2019 sampai dengan 28 Januari 2020. Penelitian ini bertempat di Pondok Pesantren Salafiyah Ishaka Ambon. Informan dalam penelitan ini terdiri dari 1 kepala sekolah, 1 guru Akidah Akhlak dan 2 orang peserta didik. Data diperoleh melalui observasi, wawancara serta dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data (data reducation), pengkajian data (data display) dan kesimpulan data (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementasi pendidikan akhlak peserta didik dalam pembentukan akhlak di Pondok Pesantren Salafiyah Ishaka Ambon sudah dijalankan dengan baik dimana guru Aqidah Akhlak sangat berpengaruh dalam pembentukan akhlak peserta didik. Saat mengajar guru pandai dalam menjaga sikap untuk memberikan contoh yang terbaik, mengajarkan nilai moral dalam pembelajaran, jujur pada diri sendiri dan terbuka pada kesalahan, mengajarkan sopan santun dan lain sebagainya. Akhlak guru di Pondok Pesantren Salafiyah Ishaka Ambon menurut pandangan peserta didik bahwa segala perbuatan yang dilakukan oleh guru adalah baik, maka peserta didik menjadikan guru sebagai contoh atau teladan untuk ditiru, peserta didik meneladani segala sikap, tindakan, dan perilaku gurunya, baik dalam bentuk sifat, perkataan dan perilakunya. Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi pendidikan akhlak peserta didik di Pondok Pesantren Salafiyah Ishaka Ambon yakni; a. Faktor pendukung dalam implementasi pendidikan akhlak peserta didik yaitu dari keluarga, lingkungan dan pondok pesantren Salafiyah Ishaka Ambon dan juga adanya kerjasama antara Pondok Pesantren Salafiyah Ishaka Ambon dan orang tua, dan b. Faktor penghambat implementasi pendidikan akhlak peserta didik yaitu dari keluarga yang kurang memperhatikan sikap dan perilaku anaknya dan juga dari teman bermain, lingkungan masyarakat, dan teknologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. St. Jumaeda, M.Pd.I / Dr. Nursaid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akhlak, Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 15 Jan 2021 00:43
Last Modified: 15 Jan 2021 00:43
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item View Item