Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon

-, Maqvira (2020) Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem pencernaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan menurut Dick & Carey (2013) yang dimodifikasi menjadi delapan tahapan yaitu analisis kebutuhan, merumuskan tujuan khusus, mengembangkan instrumen, mengembangkan strategi, mengembangkann isi LKS, evaluasi formatif, revisi, dan evaluasi sumatif. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa pada kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon pada materi sistem pencernaan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Uji coba kevalidan LKS dilakukan oleh tiga validator. Hasil validasi LKS diperoleh rata-rata penilaian pada aspek konten/isi yaitu 3,75 dengan kategori sangat valid, aspek desain yaitu 3,53 dengan kategori valid dan aspek bahasa yaitu 4 dengan kategori sangat valid. 2) uji coba kepraktisan lembar kerja siswa yang dikembangkan berada pada kriteria terlaksana dengan baik dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 4,4 (terlaksana dengan baik). 3) Sedangkan uji coba keefektifan lembar kerja siswa pada tes hasil belajar siswa berada pada kriteria tinggi dengan nilai rata-rata 79.95 (tinggi) dengan presentase ketuntasan klasikal 99%. Siswa juga memberikan respon positif terhadap lembar kerja siswa yang dikembangkan, dari tiap-tiap pertanyaan diperoleh jawaban SS (sangat setuju) dan S (setuju) sudah mencapai lebih dari 70% siswa yang memberi respon positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan lembar kerja siswa. Hal ini menandakan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan memenuhi kariteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Janaba Renngiwur, M.Pd / Sarty Imkari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: LKS, Pendekatan Saintifik.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 15 Jan 2021 01:34
Last Modified: 15 Jan 2021 01:34
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1025

Actions (login required)

View Item View Item