Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon pada MTs Negeri Ambon

Bisugi, Lela (2020) Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon pada MTs Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Ambon. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 4 November sampai dengan 4 Desember 2019 dengan lokasi yang diambil dalam penelitian ini di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ambon. Adapun yang menjadi informan dalam penelitan ini terdiri dari 1 orang guru Akidah Akhlak, 1 orang guru Fiqih dan 1 orang guru Al-Qur’an hadits. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, serta dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data (data reducation), pengkajian data (data display) dan kesimpulan data (verification). Hasil penelitian terkait dengan persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon pada Madrasah Tsanawiyah di MTs Negeri Ambon tahun 2018, disimpulkan bahwa mahasiswa PPL sudah dapat merencanakan pembelajaran dengan baik sesuai dengan standar proses, baik komponen maupun prinsip-prinsip penyusunannya sudah dipenuhi. Hal ini dilihat dari kegiatan awal/pendahuluan, mahasiswa dalam membuka pelajaran terbilang baik, akan tetapi aspek yang paling esensial dalam kegiatan awal, yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran, sudah terlaksana dengan baik. Pada kegiatan inti, mahasiswa sudah dapat menerapkan keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, dan keterampilan pengelolaan kelas pada kegiatan inti selama pembelajaran berlangsung. Dan pada kegiatan akhir/penutup, mahasiswa PPL sudah mampu menutup pelajaran dengan penyusunan rangkuman materi bersama, merangkum, dan melakukan tindak lanjut kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Prof. Dr. Idrus Sere, M.Pd.I / Saddam Husein, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru Pamong, Keterampilan Mengajar, Mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 15 Jan 2021 06:17
Last Modified: 15 Jan 2021 06:17
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item