Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Mengembangkan LKS Dengan Pendekatan Problem Based Learning Pada Materi Sel Dikelas XI MA Nurul Ihklas Ambon

Wance, In (2020) Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Mengembangkan LKS Dengan Pendekatan Problem Based Learning Pada Materi Sel Dikelas XI MA Nurul Ihklas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila diterapkan dengan cara yang tepat dan didukung dengan perangkat yang memadai. Perangkat pembelajaran yang dimaksud dalam penilitian ini adalah lembar kegiatan siswa yang berisi materi sel. Pengembangan lembar kerja siswa menggunakan model pengemabangan Four-D yang dikembangkan oleh Thiagrajani yang terdiri dari tiga tahap yaitu pendefenesian (Define), perancangan (Desain,dan pengembangan (Develop) waktu penilitian ini dilaksana pada tanggal 26 Februari sampai dengan tanggal 26 Maret 2020. Uji coba lembar kerja siswa dilaksanakan di MA Nurul Ihklas Ambon dengan tujuan untuk mengetahui pengambangan dan kualitas perangkat yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penilitian ini terdiri dari angket, lembar validasi, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes. Kualitas lembar kerja siswa berdasarkan hasil pengembangan memenuhi kriteria dan uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid layak digunakan dengan nilai valid 3,8 praktis 4, dan efektif 79%,serta respon siswa 95% positif. Berdasarkan hasil uji coba, perangkat yang dikembangkan valid, efektif, serta praktis serta layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.IPA Materi sel. Keterbatasan dari lembar kerja siswa berbasis problem based learning, yang dimana model problem based lelarning membutuhkan banyak cara penilaian terhadap kemampuan siswa ketika menghadap masalah dan kemampuan menerapkan informasi yang telah di pelajari untuk mencari solusi, probelem based learning juga tidak memfasilitas kemampuan siswa untuk recall konsep atau fakta. Recall hanya terjadi ketika siswa dihadap pada suatu masalah, bukan mereka yang dihadap pada pertanyaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. M. Faqih Seknun, M. Pd / Pembimbing II : Dr. Anasufi Banawi, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 19 Jan 2021 01:49
Last Modified: 19 Jan 2021 01:49
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item