Nasir, Sarmin (2020) Potret Guru PAI Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMP Muhammadiyah Mamala Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 menuntut kemampuan guru dalam memaksimalkan kemampuan nalar dan keilmuannya karena pembelajaran bersifat tematik-integratif sehingga guru harus memadukan ilmu pengetahuan yang ada dalam mata pelajaran yang lain untuk mencapai kompetensi yang diajarkan. Implementasi kurikulum 2013 tentunya ada pendukung dalam penerapan kurikulum 2013 seperti, tersedianya sarana dan prasarana dalam mendukung proses pembelajaran serta aktifnya pihak sekolah dalam mengirimkan guru-guru untuk mengikuti seminar, penyuluhan dan workshop mengenai Kurikulum 2013, dan lain sebagainya. Namun ada juga hambatan yang dihadapi sekolah maupun guru-guru di SMP Muhammadiyah Mamala dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mengetahui potret guru PAI dalam implementasi kurikulum 2013 di SMP Muhammadiyah Mamala. 2). faktor penunjang dan penghambat implementasi Kurikulum 2013 di SMP Muhammadiyah Mamala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil keterangan dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI di SMP Muhammadiyah Mamala Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Metode yang digunakan peneliti ialah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 15 September sampai 15 Oktober 2018. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa (1) kesiapan guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 belum sepenuhnya menguasai, namun dari segi pelaksanaan kurikulum 2013 guru sudah mampu menerapkannya sesuai dengan prosedur yang ada dalam kurikulum 2013. (2) Faktor penunjang adanya pelatihan yang diikuti, motivasi antar sesama dari guru, adanya motivasi dari kepala sekolah. Faktor penghambat penerapan kurikulum 2013 di sekolah SMP Muhammadiyah Mamala yaitu: Sosialisasi kurikulum 2013 yang kurang, guru kesulitan dalam hal penilaian, sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan kurikulum yang masih kurang serta kurangnya minat belajar peserta didik dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Samad Umarella, M. Pd / Pembimbing II : La Adu MA |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013 |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 02:13 |
Last Modified: | 25 Jan 2021 02:13 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1050 |
Actions (login required)
View Item |