Pengembangan Modul Berbasis Kooperatif Tipe NHT Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Siswa Kelas XI di MA Nurul Ikhlas Ambon

Lisna, Wa (2020) Pengembangan Modul Berbasis Kooperatif Tipe NHT Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Siswa Kelas XI di MA Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development ) yang bartujuan untuk mengetahui proses pengembangan modul dan untuk mengetahui kualitas (kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan) modul. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D atau model Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek uji coba penelitin ini adalah siswa kelas XI IIS MA Nurul Ikhlas Ambon. Instrument penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah instrument kevalidan berupa angket, instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrument keefektifan berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan uji coba kevalidan modul yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 4,6 (sangat valid). Sedangakan uji coba kevalidan tes hasil belajar berada pada kriteria valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 4,6 (sangat valid). Uji coba kepraktisan modul yang dikembangkan berada pada kriteria terlaksana dengan sangat baik dengan nilai rata-rata semua aspek bernilai 4,9 (terlaksana dengan sangat baik). Sedangkan uji coba keefektifan modul pada tes hasil belajar siswa berada pada kriteria sangat tinggi dengan nilai rata-rata 79,66 (Sangat Tinggi) dengan presentase ketuntasan klasikal 86%. Siswa juga memberikan respon positif terhadap modul yang dikembangkan, dari tiap-tiap pertanyaan diperoleh jawaban SS (Sangat setuju) dan S (Setuju) sudah mencapai lebih dari 70% siswa yang memberi respon positif terhadap kegiatan pembelajran menggunakan modul. Hal ini menandakan bahwa modul yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajran. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan sehingga biasa dikatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ismail DP., M. Pd / Pembimbing II : Dr. Muhammad Rijal, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sistem Ekskresi Manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 27 Jan 2021 01:23
Last Modified: 27 Jan 2021 01:23
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1053

Actions (login required)

View Item View Item