Perkembangan Kepribadian Peserta Didik Korban Bullying Di SMP Negeri 14 Ambon (Suatu Tinjauan Konseling Islam)

Manilet, Kurniati (2020) Perkembangan Kepribadian Peserta Didik Korban Bullying Di SMP Negeri 14 Ambon (Suatu Tinjauan Konseling Islam). Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang perkembangan kepribadian peserta didik korban bullying di SMP Negeri 14 Ambon (suatu tinjauan konseling Islam). Dengan pokok permasalahan apa saja bentuk-bentuk perilaku bullying yang dilakukan , bagaimana perkembangan kepribadian peserta didik korban bullying, dan bagaimana tinjauan konseling Islam terhadap peserta didik korban bullying. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode kualitaitif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu meneliti langsung dilokasi penelitian untuk melaksanan interview langsung dengan informan untuk memperoleh informasi yang diteliti. Sumber data yang diguanakan terdiri dari data primer, dan data sekunder. Untuk memperoleh data digunakan penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan yaitu peneliti secara langsung terjun kelapangan sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian didapatkan gambaran bahwa bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi di SMP Negeri 4 Ambon meliputi bullying secara fisik dan verbal atau Over Bullying (intimidasi terbuka), dan Cyber Bullying (intimidasi melalui dunia maya). terdapat perbedaan antara peserta didik perempuan dan laki-laki, bentuk-bentuk perilaku bullying peserta didik perempuan lebih mengarah kepada Over Bullying dan cyber bullying, sedangakan peserta didik laki-laki lebih condong pada bentuk over bullying. pengaruh perilaku bullying terhadap perkembangan kepribadian peserta didik terbagi dua yaitu pengaruh positif dan negative. pengaruh negative seperti peserta didik sering merasa tertekan yang mendalam sehingga berpengaruh terhadap tindakan atau sikap sosialnya seperti pergaulan yang terbatas dan sering merasa tidak aman dan takut dilingkungan sekolahnya sendiri, sedangkan pengaruh positifnya yaitu dimana mereka setelah diterapi oleh guru mereka menjadi lebih kooperatif dalam menceritakan masalah yang dihadapi. berdasarkan tinjauan BKI tentang perilaku bullying dan dampaknya terhadap perkembangan maka perilaku bullying yang terjadi di sekolah adalah tindakan dan sikap yang tidak terpuji yang tidak sepantasnya dilakukan oleh seorang peserta didik, karena tindakan terebut selain menyakiti juga merusak citra atau harkat kemanusiaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Hj. Ainun Diana Lating, M. Si / Pembimbing II : Jumail, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kepribadian, Bullying
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Berdasarkan Subyek > Sosiologi Agama
Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:04
Last Modified: 24 Feb 2021 02:04
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1099

Actions (login required)

View Item View Item