Hubungan Antara Minat Dan Kemandirian Belajar Biologi Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XII Di MA Al- Muluku Persis Telaga Kodok

Papa, Fitria (2021) Hubungan Antara Minat Dan Kemandirian Belajar Biologi Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XII Di MA Al- Muluku Persis Telaga Kodok. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa adalah minat belajar yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Minat belajar memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa karena jika bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minatnya siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya, siswa akan tidak bersemangat dan tidak memperoleh kepuasan dari pelajaran itu. Faktor lain yang perlu mendapatkan perhatian dalam peningkatan hasil belajar kognitif siswa adalah kemandirian belajar. Siswa yang memiliki kemandirian belajar yang tinggi mampu belajar dengan baik sehingga menguasai pelajaran dan meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui hubungan antara minat belajar biologi dengan hasil belajar kognitif siswa kelas XII di MA Al- Muluuk Persis Telaga Kodok 2). Mengetahui hubungan antara kemandirian belajar biologi dengan hasil belajar kognitif siswa kelas XII di MA Al- Muluuk Persis Telaga Kodok.3). Mengetahui hubungan interaksi antara minat dan kemandirian belajar biologi dengan hasil belajar kognitif siswa kelas XII di MA Al- Muluuk Persis Telaga Kodok. Penelitian ini termaksud penelitian ex-postfakto. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jumlah sampel berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji korelasi pearson product moment dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar biologi dengan hasil belajar kognitif siswa dimana r hitung lebih besar dari r tabel (1 > 0,396). 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar biologi dengan hasil belajar kognitif siswa dimana r hitung lebih besar dari r tabel (0,93 > 0,396). 3) Terdapat hubungan interaksi yang positif dan signifikan antara minat dan kemandirian belajar biologi dengan hasil belajar kognitif siswa dimana r hitung lebih besar dari r tabel (1 > 0,396).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Muhammad Rijal, M. Pd. / Pembimbing II : Rosmawati T., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Minat, Kemandirian, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:37
Last Modified: 04 Mar 2021 04:37
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item