Pengaruh model pembelajaran Inkuiry Terbimbing (Guided Inquiry) divariasikan dengan media Mind Mapping terhadap minat belajar Biologi peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Salahutu tahun ajaran 2017/2018

Pary, Rafiud Darajat (2018) Pengaruh model pembelajaran Inkuiry Terbimbing (Guided Inquiry) divariasikan dengan media Mind Mapping terhadap minat belajar Biologi peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Salahutu tahun ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_75.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I, III, V_75.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia secara umum mengenal dua model sistem pendidikan, pertama model pendidikan nasional dan model pendidikan lokal. Model pendidikan nasional artinya sistem pendidikan yang kurikulum, penilaian, pengawasan dan untuk mengukur taraf pendidikan bangsa dikelola, diawasi oleh negara. Sedangkan pendidikan lokal merupakan pendidikan yang dikembangkan oleh individu- individu masyarakat baik kurikulum, sistem penilaian bahkan evaluasinya. Di antaranya yaitu sebagian siswa cenderung kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung sehingga menyebabkan kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, salah satu usaha untuk mengatasi persoalan tersebut adalah dengan mengembangkan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) divariasikan dengan media mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) divariasikan dengan media mind mapping terhadap minat belajar biologi siswa kelas dikelas VII 1 SMP Negeri 4 Salahutu Desa Liang, Kecamatan Salahutu Kabupateng Maluku Tengah Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre- Eksperimental Design, rancangan penelitian yang digunakan adalah One-group Pretest- Posttest Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII 1 SMP Negeri 4 Salahutu Desa Liang, Kecamatan Salahutu Kabupateng Maluku Tengah Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah minat belajar biologi siswa dengan menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Data dianalisis menggunakan statistik deskriftif dan Wilcoxon Macth Pairs Test dengan hasil rata-rata skor yang diperoleh pada saat Pretest sebesar 75.72, sedangkan untuk Posttest sebesar 86.36. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Macth Pairs Test (Z) yang di dapat yaitu sebesar -4,293 dengan (Sig. 0,000<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) divariasikan dengan media mind mapping terhadap minat belajar biologi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Prof. Dr. Idrus Sere, M.Pd.I Pembimbing II; Masita, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiry Terbimbing (Guided Inquiry) Mind Mapping Minat belajar Biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 16 Mar 2021 02:25
Last Modified: 16 Mar 2021 02:25
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item