Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Gerak Manusia Untuk Siswa Kelas VIII Di MTs Nurul Ikhlas Ambon

KELDERAK, HALIMA (2020) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Gerak Manusia Untuk Siswa Kelas VIII Di MTs Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat membantu siswa menyelesaikan soal secara mandiri yaitu dengan cara memberikan lembar kegiatan siswa. Lembar kerja siswa merupakan bahan ajar cetak berisi materi, ringkasan dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh siswa dan mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai yang dipadukan dengan model pembelajran. Dan model pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajatan yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik untuk belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas produk lembar kerja siswa dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem gerak manusia untuk siswa kelas VIII di MTs Nurul Ikhlas Ambon. Penelitian ini merupakan pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 Februari sampai dengan 11 Maret 2020 dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Ikhlas Ambon dengan jumlah 18 orang. Instrumen penelitian berupa angket, instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai analisis data tentang pengembangan LKS Materi sistem gerak pada manusia berbasis pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VIII MTs Nurul Ikhlas Ambon, maka dapat disimpulkan bahwa lembar kegiatan siswa yang dikembangkan menggunakan model pengembangan lembar kegiatan siswa yang dikembangkan berdasarkan Indikator kevalidan telah memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 4,7 dan kepraktisan telah memenuhi kriteria terlaksana seluruhnya dengan nilai rata- rata 2,21 serta keefektifan telah memenuhi kriteria tinggi dengan rata-rata skor sebesar 76,36. Sedangkan respons yang diberikan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan lembar kegiatan siswa dari 18 siswa yang diamati tiap-tiap pertanyaan dari angket penelitian diperoleh jawaban SS (sangat setuju) dengan presentase 71% dan S (setuju) dengan persentase 29% sudah mencapai > 70% siswa yang memberi respon positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan lembar kegiatan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ismail DP, M.Pd / Pembimbing II : Janaba Renngwiur, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan LKS, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Sistem Gerak Manusia.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fuad Umarella
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:00
Last Modified: 14 Sep 2021 05:00
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item View Item