Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Minat Beli Melalui Online Shop (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Ambon)

Alan, Fatma (2019) Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Minat Beli Melalui Online Shop (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Ambon). Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam perkembangan kemajuan era teknologi di Abad ini telah memacu perubahan kebiasaan individu dalam melakukan jual beli tidak seperti biasanya namun secara online. Hal ini juga menyebabkan minat beli mahasiswa dalam melakukan kegiatan jual beli secara online. Tujuan dalam penelitian ini 1) untuk mengetahui faktor apakah yang menyebabkan minat beli mahasiswa jurusan ekonomi syariah IAIN Ambon melalui online shop. 2) untuk mengetahui bagaimana pemasaran online shop dalam perspektif ekonomi Islam. Minat beli secara online dalam pandangan ekonomi Islam di bolehkan jika minat tersebut direalisasikan sesuai dengan rukun dan syarat jual beli. Tanpa bertentangan dengan syariat Islam seperti barang yang di transaksi harus jelas dan halal juga dapat memiliki manfaat bagi pembeli dan memberikan keuntungan bagi penjual. Metodologi dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan kualitatif, pengumpulan data berupa, observasi, wawancara dengan 10 mahasiswa ekonomi syariah semester 9 dan dokumentasi. Adapun teknik analisis adalah reduksi data, penyajian data sesuai rumusan masalah dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Faktor-faktor yang menyebabkan minat beli mahasiswa ekonomi syariah IAIN Ambon melalui online shop yaitu; faktor kemudahan dalam melakukan pembelian secara online, promosi yang ditawarkan cukup beragam dan menarik, dan faktor harga yang diberikan cukup murah. Selain itu jual beli online juga rentan terhadap praktik penipuan yang dilakukan secara sengaja oleh beberapa oknum dalam melakukan penjualan. Bisnis atau strategi pemasaran dalam syariat Islam pada dasarnya termasuk kategori muamalah yang hukum asalnya adalah mubah, boleh, kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Dalam pemasaran atau jual beli via online juga terdapat kemaslahatan, berupah kemudahan transaksi, dan efisien waktu. Dalam Islam berbisnis melalui online diperbolehkan selama rukun dan syarat jual beli terpenuhi. Strategi pemasaran yang di ungkapkan para informan sesuai dengan strategi pemasaran dalam Islam yang sebagaimana dilakukan oleh Rasullah SAW saat memasarkan barang-barang milik Siti Khadijah radhialla anha. Sedangkan adanya praktik penipuan disebabkan dalam pemasaran secara online dikarenakan tidak adanya sifat shiddiq (benar dan jujur) dan amanah (dapat dipercaya) sebagaimana sifat Rasulullah SAW dalam melakukan pemasaran. Adapun penelitian ini direkomendasikan kepada para mahasiswa jurusan ekonomi syariah IAIN Ambon dan dapat menjadi referensi bagi para peneliti lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Mahmud Ishak, M. Ag. / Pembimbing II : Fitria Karnudu, MM.
Uncontrolled Keywords: Online Shop
Subjects: Ekonomi Islam
Ekonomi Syariah
IAIN Ambon > Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Berdasarkan Subyek > Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 18 Mar 2021 00:28
Last Modified: 18 Mar 2021 00:28
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item View Item