Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Membeli Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) Merek AISO Di Kota Ambon

Kaplale, Halija (2019) Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Membeli Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) Merek AISO Di Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi labelisasi halal terhadap keputusan pembeli produk air minum mineral dalam kemasan (AMDK) AISO di Kota Ambon. Dan tinjauan Ekonomi Islam terhadap jual beli Minuman Air Mineral Aiso di Kota Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kuantitatif subjek penelitiannya adalah konsumen yakni toko-toko yang menjual dan yang mengkonsumsi Air Minuman Dalam Kemasan (AMDK) Merek AISO di Kota Ambon. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan koesioner observasi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah Labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli minuman air mineral dalam kemasan (AMDK) AISO di Kota Ambon yang telah mencantumkan labelisasi halal memberikan nilai positif dalam mempengaruhi keputusan konsumen membeli AISO. Dari labelisasi halal yang tertera pada Aiso membuktikan bahwa Aiso tidak mengandung khamar dan tidak mengandung bahan lain yang diharamkan atau tergolongkan najis, bagi konsumen sendiri hal ini, memiliki fungsi : pertama, Secara kejiwaan perasaan hati dan batin konsumen akan tenang. kedua, akan memberikan kepastian dan perlindungan hukum. Dapat disimpulkan bahwa air minum dalam kemasan (AMDK) merek Aiso di kota ambon telah sesuai dengan ekonomi islam yang halal, suci bukan najis, yang bermanfaat tidak membahayakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Hasan, M. Ag. / Pembimbing II : M. Umar Kelibia, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Label, Daya Beli Mayarakat
Subjects: Ekonomi Syariah
IAIN Ambon > Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Berdasarkan Subyek > Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 18 Mar 2021 00:34
Last Modified: 18 Mar 2021 00:34
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item View Item