TRANGGANO, MAIDA (2020) Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (1MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di SMP Muhammadiyah Ambon. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 22 September sampai dengan 22 Oktober 2020. Subjek dalam penelitian adalah 1 orang kepala sekolah dan 1 orang guru PAI, SMP Muhammadiyah Ambon. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon sudah berperan cukup baik, dimana guru Pendidikan Agama Islam sudah melakukan peranannya seperti guru sebagai pengajar yakni guru Pendidikan Agama Islam telah mengajarkan tentang kejujuran, kedisiplinan, sopan-santun dan keteladanan. Guru sebagai pembimbing yakni guru Pendidikan Agama Islam telah membimbing peserta didik nya untuk berperilaku jujur, disiplin, sopan-santun, dan teladan. Guru sebagai pemimpin yakni guru Pendidikan Agama Islam mengatur peserta didik nya untuk berperilaku yang berkarakter seperi jujur, disiplin, sopan-santun, dan teladan. Guru sebagai ilmuan dimana guru Pendidikana Agama Islam menggunakan media teknologi yang berkembang saat ini untuk mendukung proses pembentukan karakter peserta didik. Peranan guru tersebut terlaksanakan dengan baik seperti yang diharapkan walaupun penerapannya belum maksimal. Faktor penghambat dalam pembentukan karakter peserta didik kelas VII di SMP Muhammadiyah Ambon adalah faktor eksternal seperti pergaulan teman sebaya yang kurang baik dan adanya media sosial yang berlebihan dan tanpa bimbingan orangtua. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter peserta didik adalah lingkungan sekolah yang selalu mendukung pembentukan karakter peserta didik. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon yaitu dari latar belakang lingkungan keluarga, dimana keluarga akan mengajarkan hal-hal baik terhadap anaknya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr Nursaid. M,Ag / Pembimbing II : Husni suruali, |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAI, Membentuk Karakter Peserta Didik |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Fuad Umarella |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 05:00 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 05:00 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1182 |
Actions (login required)
View Item |