Persepsi Guru Al-Qur’an Hadist dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Negeri Ambon

Harsono, Harsono (2020) Persepsi Guru Al-Qur’an Hadist dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berhasil tidaknya suatu pendidikan, mampu tidaknya seorang peserta didik dan pendidik dalam menyerap dan memberikan pengajaran, dan sukses tidaknya suatu tujuan pendidikan itu dicapai tentu akan sangat berpulang kepada kurikulum. Bila kurikulumnya didesain dengan sistematis dan komprehensif serta integral dengan segala kebutuhan pengembangan dan pengajaran anak didik untuk mempersiapkan diri menghadapi kehidupannya. Sehingga masalah dari penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru AlQur’an Hadist dalam implementasi kurikulum 2013 tentang perencanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Negeri Ambon? Serta faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Negeri Ambon? Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan waktu penelitian adalah selama satu bulan sejak tanggal 18 Pebruari 2020 sampai dengan 18 Maret 2020, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dalam memperoleh data-data lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Persepsi guru Al-Qur’an Hadist dalam implementasi kurikulum 2013 tentang perencanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Negeri Ambon antara guru Al-qur’an Hadist yang satu dengan yang lainnya tidaklah sama dimana setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda, sehingga pada perencanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist berupa kesiapan yang dilakukan oleh para guru untuk melaksanakan kurikulum 2013 pada tahap ini bagaimana kesiapan terhadap RPP dan silabus dan yang terpenting harus belajar lebih mengenai pembuatan pemetaan KI dan KD serta sesuai dengan permendikbud No. 24 Tahun 2016. Sehingga Faktor pendukung dari perencanaan kurikulum 2013 pada AlQur’an Hadist diberikan kesempatan untuk belajar bagaimana cara mengembangkan kurikulum yang sedang berjalan, karena dalam perencanaan kurikulum 2013 mampu membentukkan karakter anak menjadi lebih baik. Faktor penghambat yang dihadapi oleh guru Al-Qur’an Hadist dalam pembelajaran dengan implementasi kurikulum 2013 meliputi persiapan dari berbagai pihak belum memenuhi tuntutan dari kurikulum itu sendiri, terkesan tergesa-gesa dan belum disiapkan dengan matang, dilihat dari distribusi buku yang dibutuhkan baru datang setelah materinya terlampaui. Penilaian pada kurikulum 2013 sangat banyak maka guru harus bekerja lebih keras dari sebelumnya dan membutuhkan banyak biaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Hj. Rustina N., M.Ag / Pembimbing II : Husni Suruali, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Fuad Umarella
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:00
Last Modified: 14 Sep 2021 05:00
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1187

Actions (login required)

View Item View Item