Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Solidaritas Sosial Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri Waeteba Kec. Waesama Kab. Buru Selatan

Rumakat, Mega Julianty (2020) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Solidaritas Sosial Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri Waeteba Kec. Waesama Kab. Buru Selatan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap solidaritas sosial peserta didik kelas VII SMP Negeri Waeteba serta faktor pendukung dan penghambat guru pendidkan agama Islam dalam membentuk sikap solidaritas sosial peserta didik kelas VII SMP Negeri Waeteba. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara yakni: 1 orang guru PAI, 1 orang kepala sekolah, 1 orang KAUR kesiswaan dan 4 orang peserta didik, serta dokumentasi. Teknik analisi datanya berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap solidaritas sosial peserta didik kelas VII SMP Negeri Waeteba yaitu: 1) pemberian nasehat dan motivasi yang dilakukan pada saat apel masuk dan pulang sekolah, 2) penerapan langsung guru PAI dalam proses pembelajaran terkait diskusi kelompok, 3) membentuk sikap solidaritas sosial peserta didik dari guru PAI dengan pemberian reward (ganjaran/hadiah) dan punishment (hukuman), 4) imitasi atau peniruan dari guru PAI yakni memainkan peran sebagai model atau suri teladan. Selain itu adapun yang menjadi faktor pendukung dan penghambat: a. Faktor pendukung yaitu: 1) penerapan langsung dari guru PAI dalam proses pembelajaran, 2) bentuk kerja sama guru PAI dan guru-guru yang bukan bidang studi agama, 3) adanya kegiatan-kegiatan sekolah yakni kegiatan sosial dan keagamaan. Kemudian, b. Faktor penghambat yaitu: 1) tidak lengkapnya sarana dan prasarana, 2) kurangnya partisipasi dan dukungan orang tua peserta didik terkait kegiatan sekolah, 3) kurangnya pembiasaan terhadap peserta didik untuk bersikap solidaritas sosial dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Hj. St. Jumaeda, M. Pd. I. / Pembimbing II : Mohksin Kaliky, M. Pd. I.
Uncontrolled Keywords: Solidaritas Sosial, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 07 Apr 2021 01:05
Last Modified: 07 Apr 2021 01:05
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1198

Actions (login required)

View Item View Item