Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Kooperatif NHT (Numbered Head Together) Pada Sistem Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas VIII MTs Al-Hilaal Waegeren

Astuti, Nur (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Kooperatif NHT (Numbered Head Together) Pada Sistem Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas VIII MTs Al-Hilaal Waegeren. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Perangkat pembelajaran berbasis kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) adalah suatu perangkat yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran, perangkat pembelajaran meliputi: LKS (Lembar Kegiatan Siswa) dan Buku Siswa untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model yang dikembangkan oleh Thiagarajan, model pengembangan four 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define, Design, Develop dan Disseminate tetapi dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Develop. Dengan tujuan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berbasis kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi sistem peredaran darah manusia yang valid, praktis dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Hilaal Waegeren. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian terdiri atas instrumen pengujian kevalidan berupa lembar penilaian validasi perangkat pembelajaran, instrumen pengujian kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, instrumen pengujian keefektifan berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada kriteria valid, yang terdiri dari LKS dengan rerata total 4,06 dan Buku Siswa 4,03 yang divalidasi oleh validator. Hasil pengamatan keterlaksanan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis yang berada dalam kriteria terlaksana dengan sangat baik diperoleh rata-rata setiap pertemuan. Sedangkan keefektifan perangkat pembelajaran yang di kembangkan untuk hasil belajar siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran adalah 17 orang (85%) dan 3 orang (15%) yang tidak tuntas yang berada pada kriteria tinggi dan hasil angket respon siswa pada LKS dan Buku Siswa berada dalam kriteria positif yaitu lebih dari 80%. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis kooperatif NHT (Numbered Head Together) yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, efektif sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Surati, M. Pd. / Pembimbing II : Zamrin Jamdin, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Sistem Peredaran Darah Manusia, Model NHT
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 28 May 2021 00:09
Last Modified: 28 May 2021 00:09
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item View Item