Latuconsina, Zainal Abidin (2020) Potret Game Online PUBG (Player Unknown’s Battle Ground game) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nadil Ulumiddiniyah Ory Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (1MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini berkenaan dengan studi tentang:. Potret Game Online PUBG (Player Unknown’s Battle Ground game) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Tujuan penelitian yaitu: untuk mengetahui Hasil belajar siswa pemain game online PUBG dan Mengetahi Akhlak siswa pemain game online PUBG. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kalitatif. Berlokasi di Madrasah Aliyah Nadilulumiddiniyah Ory kecamatan pulau Haruku kabupaten Maluku Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari kepala sekolah, guru mata pelajaran dan siswa pemain game online PUBG Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 16 April 2020 sampai 16 Juni 2020. Hasil belajar PAS (Penilaian Akhir Semester) peserta didik pemain game online PUBG pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Nadilulumiddinyah Ory sangat menurun, berdasarkan data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, diakibatkan oleh dampak game online PUBG membuat peserta didik tidak dapat belajar secara efektif karena, dapat membuat pemainya merasa senang dan nyaman ketika memainkannya, hal tersebut tentu akan sangat mempengaruhi kegiatan belajar dan akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik tersebut. Rata-rata hasil belajar pada penilaian akhir semester ganjil sebelum memainkan game online ini adalah 80,16 setelah memainkan game ini rata-rata hasil belajar pada penilaian akhir semester genap 72,6. 2. Akhlak Siswa Pemain Game Online PUBG Kelas XI Di Madrasah Aliyah Nadilulumiddiniyah Ory. a. Melanggar aturan sekolah dimana pernah ditemukan oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak siswa yang bermain game di saat jam pelajaran berlangsung bermodalkan tempat duduk di kursi bagian belakang peserta didik ini dia memainkan game-nya b. Dengan beredarnya game online ini bukan hanya hasil belajar mereka saja yang menurun melainkan siswa juga sudah mulai malas ke mesjid. Berdasarkan penjelasan di atas dapat dipahami bahwa terlalu banyak memainkan game membuat siswa ini lupa waktu dan tidak melaksanakan shalat yang sudah menjadi kewajiban bagi umat islam. c. Mudah merasah marah dan jengkel ketika ia sedang bermain game online kemudian diganggu. d. Adanya pengakuan dari siswa bahwa Demi untuk melakukan aktifitas bermain game siswa ini membohongi orang tuanya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. St. Jumaeda, M. Pd. I. / Pembimbing II : Eko Wahyunanto Prihono, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Game Online PUBG, Akidah Akhlak, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 02:06 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 02:06 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1231 |
Actions (login required)
View Item |