Pemahaman Siswa Kelas XII Grafika SMK Al-Wathan Ambon Pada Tata Cara Pelaksanaan Shalat

., Yusdin (2021) Pemahaman Siswa Kelas XII Grafika SMK Al-Wathan Ambon Pada Tata Cara Pelaksanaan Shalat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SMK Al-Wathan Ambon, bahwa guru sudah berupaya membimbing siswa dalam pelaksanaan pembelajaran materi shalat di sekolah. Materi shalat itu diajarkan oleh guru bidang studi Pendidikan Agama Islam kepada siswa SMK Al-Wathan Ambon untuk memperdalam pemahaman siswa pada tata cata pelaksanaan shalat dengan benar dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebagian dari siswa masih ada yang mengalami kesulitan dalam memahami materi shalat yang telah diajarkan terutama dalam melakukan gerakan dan bacaan shalat secara baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas XII Grafika SMK Al-Wathan Ambon pada tata cara pelaksanaan shalat dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa kelas XII Grafika SMK AlWathan Ambon pada tata cara pelaksanaan shalat. Penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran angket dan wawancara. Pendekatan dan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Tingkat pemahaman siswa kelas XII Grafika SMK Al-Wathan Ambon pada tata caraa pelaksanaan shalat termasuk dalam kategori “Baik”, karena persentase nilai rata-rata kualitatif yang diperoleh sebesar 78,97%. Kategori baik disini menunjukkan bahwa siswa kelas XII Grafika SMK Al-Wathan Ambon 78,97% dinyatakan sudah memahami dengan baik tata cara pelaksanaan shalat dengan benar sesuai dengan apa yang diajarkan oleh guru pendidikan agama Islam SMK Al-Wathan Ambon. Pemahaman siswa kelas XII Grafika SMK Al-Wathan Ambon pada tata cara pelaksanaan shalat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu: faktor internal (lingkungan keluarga yaitu bimbingan dan pengawasan orang tua), faktor ekternal (lingkungan sekolah yaitu teman belajar). Hal ini dapat dilihat pada persentase rata-rata kualitatif dari dua faktor pengaruh di atas adalah 85% dan termasuk kategoti “Sangat Baik”, karena hasil perhitungan yang diperoleh berada di antara 81% sampai dengan 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Prof. Dr. La Jamaa, M.Hi / Maimunah, M.A
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Materi Shalat, Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Fuad Umarella
Date Deposited: 19 Jun 2021 21:07
Last Modified: 19 Jun 2021 21:07
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1242

Actions (login required)

View Item View Item