Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Basic Learning Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Karya Hatawano Kabupaten Seram Bagian Barat

Liang, Rosna (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Basic Learning Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Karya Hatawano Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Lembar kerja siswa merupakan LKS cetak berisi materi, ringkasan dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh siswa dan mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai yang dipadukan dengan model pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Basic Learning Materi Sistem pencemaan pada manusia Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Karya Hatawano Kabupaten Seram Bagian Barat. Penelitian ini merupakan pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021 dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Bina Karya Hatawano Kabupaten Seram Bagian Barat dengan jumlah 26 orang. Instrumen penelitian berupa angket, instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevaliclan lembar kegiatan siswa, memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata 4,2. Hal tersebut dapat dilihat pada semua aspek penilaian yang berada pada kriteria sangat valid sehingga layak untuk digunakan. Sedangkan kevalidan tes hasil belajar memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,18 sehingga clapat diujicobakan di lapangan. Kepraktisan lembar kegiatan siswa yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan dengan nilai rata-rata 2, 14 (terlaksana dengan baik). Keefektifan LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan nilai rata-rata skor sebesar 78,93 (kriteria tinggi). Secara keseluruhan persentase rata-rata skor uji keefektifan perangkat pembelajaran mendapatkan nilai 86%, dengan respons yang diberikan siswa terhaclap pembelajaran dengan menggunakan lembar kegiatan siswa dari 26 siswa yang di amati sudah mencapai lebih dari 70% siswa yang memberi respon positifterhadap kegiatan pembelajaran menggunakan lembar kegiatan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ismail Dp., M. Pd. / Pembimbing II : Laila Sahubauwa, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Sistem Pencernaan Pada Manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 18 May 2021 00:53
Last Modified: 18 May 2021 00:53
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1288

Actions (login required)

View Item View Item