Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Struktur Tumbuhan Dan Fungsinya Di Kelas VII SMP Negeri 1 Tapinalu

Wali, Yati (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Struktur Tumbuhan Dan Fungsinya Di Kelas VII SMP Negeri 1 Tapinalu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lingkungan sebagai sumber belajar dapat dioptimalkan dalam proses pembelajaran untuk memperkaya bahan dan kegiatan belajar peserta didik di sekolah. Untuk itulah dilakukan penelitian tentang penerapan metode pembelajaran berbasis lingkungan dalam pengembangan hasil belajar siswa. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode pembelajaran berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi struktur tumbuhan dan fungsinya di kelas VII SMP Negeri 1 Tapinalu. Tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yakni penelitian yang digunakan di kelas melalui refleksi diri yang bertujuan untuk memperbaiki aktivitas belajar sehingga meningkatkan hasil belajar pada peserta didik. Dengan demikian maka, penerapan pembelajaran berbasis lingkungan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VII SMP Negeri 1 Tapinalu. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Tapinalu Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat sejak tanggal 6 November sampai dengan tanggal 6 Desember 2020 Berdasarkan hasil analsis data yang diperoleh bahwa nilai tes awal rata-rata sebesar 58,57%. Sedangkan nilai rata-rata hasil postes pada siklus I sebesar 65,71%, dan nilai rata-rata tes akhir pada siklus II 83,57%. Peningkatan hasil belajar dari tes awal hingga siklus I sebesar 7,14%, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,86%. Maka total peningkatan hasil belajar siswa yang dicapai sebesar 25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan hasil pembelajaran berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi struktur tumbuhan dan fungsinya di kelas VII SMP Negeri 1 Tapinalu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ismail DP, M.Pd / Janaba Renngiwur, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 20 May 2021 06:08
Last Modified: 20 May 2021 06:08
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item View Item