Potret Guru PNS Dan Guru Honorer Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI Di SMP PGRI Tanjung Sial Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah

Tahidi, Budiarto (2021) Potret Guru PNS Dan Guru Honorer Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI Di SMP PGRI Tanjung Sial Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (877kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potret guru PNS dan guru Honorer dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI di SMP PGRI Tanjung Sial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 15 Desember 2020 sampai dengan tanggal 15 Januari 2021. Untuk pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi partisipasi, wawancara konsioner dan dokumentasi. Sedangaka untuk analisis data menggunakan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil analisis dapat ditari kesimpulan tentang Potret guru PNS dan guru Honorer diantarannya: Potret guru PNS, belum mampu menciptakan proses belajar mengajar dengan mengunakan metode yang barvariasi, menciptakan persaingan atau kompetisi, memberitahukan hasil belajar, dan memberikan pujian kepada peserta didik. Sedangkan guru Honorer, dalam mengelola proses belajar mengajar dikelas dengan mengunakan metode yang barvariasi, menciptakan persaingan atau kompetisi, memberitahukan hasil belajar, dan memberikan pujian kepada peserta didik. Faktor penunjang guru PNS, suka membaca buku-buku metode pembelajaran, serta aktif mengikuti forum-forum pelatihan, aktif berdiskusi dengan guru-guru yang lain, dan selalu berusaha mengembangkan strategi mengajar. Sedangkan faktor penunjang guru Honorer yaitu: suka membaca buku-buku metode pembelajaran, serta aktif mengikuti forum-forum pelatihan, aktif berdiskusi dengan guru-guru yang lain, suka berkumpul bersama guru-guru yang lain. Faktor penghambat guru PNS. Kurangnya sumber belajar yang dimiliki guru PNS, serta kurangnya tersedianya media belajar, masih sulit mengontrol atau mengatur peserta didik, kurang keinginan peserta didik untuk belajar dengan sungguh-sungguh, kurang kedisiplinan peserta didik dalam belajar. Sedangkan faktor penghambat guru Honorer. Kurangnya sumber belajar yang dapat dimanfaatkan, kurang tersedianya media belajar yang dapat digunakan, masih sulit menggontrol atau mengatur peserta didik, kurang keinginan peserta didik untuk belajar dengan sungguh-sungguh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Samad Umarela, M. Pd / Pembimbing II : Nurlaila Sopamena, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 28 May 2021 07:15
Last Modified: 28 May 2021 07:15
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item