Peran Guru Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Pada Metode Pembelajaran Daring pada di MTs Nurul Ikhlas Ambon

Assel, Muhammad Khairan (2021) Peran Guru Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Pada Metode Pembelajaran Daring pada di MTs Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Peran guru mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar siswa pada metode pembelajaran daring di MTs Nurul Ikhlas Ambon. 2) Faktor pendukung dan penghambat peran guru mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar siswa pada metode pembelajaran daring di MTs Nurul Ikhlas Ambon. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data yang terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan, dan penelitian ini dilangsungkan dari tanggal 19 Februari sampai 19 Maret 2021 Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Guru Mata Pelajaran Fiqih tetap berperan dalam meningkatkan kualitas belajar siswa pada metode pembelajaran daring di MTs Nurul Ikhlas Ambon, akan tetapi masih kurang kreatif karena hanya menggunakan media aplikasi Whatsapp, dan tidak menggunakan media aplikasi yang lebih efektif seperti Zoom atau Google Meet. Peran Guru Mata Pelajaran Fiqih diantaranya : a) Sebagai tenaga pengajar, b) sebagai pengelola kelas, c) Sebagai innovator, d) Sebagai motivator. 2) Faktor pendukung peran guru mata pelajaran Fiqih yaitu, menggunakan sarana prasarana yang disiapkan oleh pihak Madrasah dan Mengolaborasi antara pembelajaran daring dan luring. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya minat belajar siswa dalam proses pembelajaran daring dan siswa kurang memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Muhajir Abd Rahman M.Pd.I / Nur Khozin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Mata Pelajaran Fiqih, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 07 Jun 2021 01:42
Last Modified: 07 Jun 2021 01:42
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1325

Actions (login required)

View Item View Item