Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa SMA Negeri 14 Desa Wali Kabupaten Buru Selatan

Seknun, Jamila Nursia (2021) Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa SMA Negeri 14 Desa Wali Kabupaten Buru Selatan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang mengarah pada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari Standar Kelulusan (SKL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran materi sistem pernapasan manusia kelas XI di SMA Negeri 14 Desa Wali Kabupaten Buru Selatan. Semester genap tahun ajaran 2020-2021. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran materi sistem pernapasan manusia kelas XI di SMA Negeri 14 Desa Wali Kabupaten Buru Selatan.” Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi serta menggunakan analisis data yaitu pengumpulan data, pengecekan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelakasanaan pembelajaran kurikulum 2013 pada materi sistem pernapasan manusia yang dilaksanakan di SMA Negeri 14 Desa Wali Buru Selatan, sudah berbasis Kurikulum 2013. Hasil Implementasi kurikulum 2013 pada materi sistem pernapasan manusia di SMA Negeri 14 Buru Selatan berdasarkan Lembar observasi guru adalah 83,33% terlaksana sedangkan yang tidak dilaksanakan adalah 16,66%, Angket guru adalah 93,33% terlaksana sendangkan yang tidak dilaksanakan adalah 6,66%, untuk Lembar observasi siswa keterlaksanaan sikap spiritual siswa sesuai dengan K-13 adalah 96,29% sedangkan yang tidak dilaksanakan adalah 3,71%. Implementasi kurikulum akan bermuara pada bebrapa kategori Perencanaan Pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil belajar atau evaluasi. Yakni bagaimana agar isi kurikulum dapat dikuasai oleh siswa secara tepat dan optimal. Dalam hal ini, tugas guru dalam implementasi kurikulum adalah mengondisikan dan memfasilitasi lingkungan belajar agar dapat memberikan kemudahan belajar siswa, sehingga siswa mampu berinteraksi dengan lingkungan eksternal dan terjadi perubahan perilaku sesuai dengan yang dikemukakan dalam Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Sehingga dapat di katakan bahwa Implementasi kurikulum 2013 berada dalam kategori terlaksana, dan didukung oleh wawancara wakasek kurikulum, guru Biologi dan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. M. Faqih Seknun, M. Pd / Pembimbing II : Djamila Lasaiba, S. Pd., MA
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 17 Nov 2021 00:26
Last Modified: 17 Nov 2021 00:26
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1665

Actions (login required)

View Item View Item