Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Seram Timur Kabupaten Seram Bagian Timur

Abubakar, Erni (2021) Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Seram Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran terpadu adalah model pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subyek yang aktif dalam kegiatan belajar mandiri atau diskusi kelompok, menyampaikan ide dan menjawab pertanyaan, memperhatikan lingkungan belajarannya serta mampu mengungkapkan kembali pengetahuan yang dimiliki melalui presentasi. Sehingga masalah yang diangkat disini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Seram Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. Kemudian tujuan penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Seram Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, serta keterlibatan peneliti dalam memperoleh data-data lapangan. Yang dilaksanakan terhitung sejak 1 bulan pada semester ganjil tahun ajaran 2020-2021 yaitu sejak tanggal 03 Oktober 2020 sampai dengan 05 November 2020 di kelas VIII MP Negeri 4 Seram Timur sebanyak 25 orang siswa, dengan instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi dan lembar kerja siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pendidikan agama Islam pada materi puasa wajib kelas VIII SMP Negeri 4 Seram Timur, yaitu pada pembelajaran pra siklus sebesar 20%, atau 5 orang siswa dari 25 orang siswa, pada siklus I meningkat menjadi 68% sehingga menjadi 88% dari keseluruhan siswa yang ada dengan rata-rata nilai secara klasikal mencapai 78,2 masuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Djamila Lasaiba, M.A, / Husni Suruali, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Terpadu, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 24 Nov 2021 00:20
Last Modified: 24 Nov 2021 00:20
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

View Item View Item