Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi Materi Sel di Kelas XI IPA SMA Negeri 4Tual

Kabalmay, Samira (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi Materi Sel di Kelas XI IPA SMA Negeri 4Tual. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Concept Attainment adalah model pembelajaran yang dapat memperkuat pemahaman peserta didik terhadap konsep materi yang di pelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar peserta didik Pada Pembelajaran Biologi Materi Sel Di kelas XI SMA Negeri 4Tual dan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi Materi Sel Di kelas XI SMA Negeri 4Tual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif, lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4Tual.Tanggal penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2020 – 10 Januari 2021.Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA I SMA Negeri 4Tual yang terdiri dari 24 orang peserta didik.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi soal tes dan angket.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengamati perilaku peserta didik dan guru pada saat pembelajaran berlangsung dan tes dilakukan setelah selesai pemberian materi atau setiap selesai per siklus dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data secara kuantitatif. Berdasarkan analisis hasil penelitian, terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi Materi Sel Di Kelas XI SMA Negeri 4Tual. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 9,432 dan nilai ttabel = 1,679 pada taraf signifikan 5%, dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai thitung ≥ ttabel dan besar Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi Materi Sel Di kelas XI SMA Negeri 4Tual yaitu 80,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Surati, M. Pd / Pembimbing II : Nana Ronawan Rambe, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Prmbelajaran Concept Attainment
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:29
Last Modified: 24 Nov 2021 02:29
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item View Item