Efektivitas Pelaksanaan Program Baca Tulis al-Qur’an di Ma’had al-Jami’ah Dalam Memperbaiki Baca Tulis al-Qur’an Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon

Ony, Mega Lestari (2021) Efektivitas Pelaksanaan Program Baca Tulis al-Qur’an di Ma’had al-Jami’ah Dalam Memperbaiki Baca Tulis al-Qur’an Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelaksanaan Program Baca Tulis al-Qur’an di Ma’had al-Jami’ah dalam Memperbaiki Baca Tulis al-Qur’an Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan program baca tulis al-Qur’an di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon. Dengan memfokuskan penelitian ini kepada efektivitas pelaksanaan program baca tulis al-Qur’an yang mencakup kedisiplinan dan kompetensi pengajar. Mahasiswa yang diteliti adalah peserta pembinaan kelas C1 pada angkatan 2018 yang berasal dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni menggambarkan secara sistematis terhadap suatu gejala tertentu secara faktual dan akurat mengenai fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Skripsi ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan program baca tulis al-Qur’an sudah efektif. Efektivitas dilihat pada indikator kedisiplinan dan kompetensi pengajar. Dimana kedisiplinan yang diterapkan di Ma’had sudah sesuai terutama pada jam pembinaan dan jam perkuliahan sehingga tidak ada alasan untuk mahasiswa tidak mengikuti pembinaan, pada keaktifan mahasiswa dalam mengikuti pembinaan dilihat saat pengambilan absen peraturan itu berlaku juga untuk pengajar, apabila pengambilan absen lewat pada jam yang sudah ditentukan maka mahasiswa tersebut dinyatakan alfa, kemudian keaktifan mahasiswa dalam menerima materi pembelajaran cukup baik, karena mereka mampu memahami penjelasan dari pengajar. Adapun kompetensi pengajar, dalam pembawaan materi ajar seperti makhrijul huruf, nun sukun dan hukum bacaan mad dan metode yang diberikan yaitu metode Iqra dan sudah sesuai dengan buku panduan Ma’had. Adapun kemampuan menjelaskan pengajar dapat dipahami oleh mahasiswa pembinaan. Sehingga Efektivitas program berdampak pada peningkatan kemampuan baca tulis al-Qur’an mahasiswa yang sudah mampu membedakan huruf yang sama, mengetahui makharijul huruf, hukum bacaan dan imla’. (2) Adapun faktor pendukung dan penghambat. Dimana faktor pendukung yaitu; dukungan dari pemimpin serta faktor penghambat yaitu; kurangnya kesadaran dari mahasiswa, kurangnya sarana dan prasarana, dan kurangnya kerja sama dari prodi dengan Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Maimunah, M.A / Nur Khozin, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:08
Last Modified: 26 Nov 2021 02:08
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1711

Actions (login required)

View Item View Item