Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik di SMP Al-Wathan Ambon

Talaohu, Aminur (2021) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik di SMP Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dan mengatasi kenakalan peserta didik di SMP Al wathan Ambondan untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMP Al-Wathan Ambon. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2020 bertempat di SMP Al-Wathan Ambon, Jln. Gunung Malintang Desa Batumerah Kota Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Milles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMP Al-Wathan Ambon antara lain: memberikan contoh (teladan) bagi peserta didik yakni dengan datang ke sekolah tepat waktu, berkata yang sopan; memberikan nasihat kepada peserta didik; menegur dan memberikan hukuman kepada peserta didik yang nakal; memarahi peserta didik yang sering (berulang-ulang) melakukan kenalakan; dan mengontrol kegiatan peserta didik di sekolah maupun di rumah, guru PAI juga selalu berdoa agar peserta didik memiliki kepribadian yang baik. Dengan demikian, guru PAI dalam hal ini lebih berperan sebagai seorang pendidik dan pemberi teladan daripada hanya sekedar menjadi seorang pengajar. Faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMP Al-Wathan Ambon antara lain untuk faktor pendukung adalah penerapan aturan dan tata tertib sekolah, peran kepala sekolah yang cukup tegas terhadap masalah kenakalan peserta didik serta kedisiplinan baik guru maupun peserta didik. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah kurang adanya kerja sama antar sesama guru, kurang kesadaran peserta didik untuk menjadi orang yang baik dan tidak nakal, kurangnya kesadaran orang tua dalam memperhatikan kepada peserta didik ketika di rumah, dan guru PAI sering mendapat kritik dan saran yang tidak membangun dari masyarakat ataupun orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Prof. Dr. Idrus Sere, M.Pd.I / Dr. Nursaid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Kenakalan Peserta Didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:18
Last Modified: 26 Nov 2021 07:18
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1716

Actions (login required)

View Item View Item