Penerapan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Shalat Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VII MTs Al-Hilaal Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah

Musa, Rahmawati (2021) Penerapan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Shalat Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VII MTs Al-Hilaal Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media sebagai gambar alat bantu dalam proses belajar mengajar adalah suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri. Dengan media gambar, maka guru terbantu menyelesaikan aktifitas sebagai tenaga pendidik dalam menyampaikan pesan-pesan dari bahan pelajaran yang dibarikan guru kepada peserta didik. Sebagai alat bantu, media mempunyai fungsi melicinkan jalan menuju tercapainya tujuan pengajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik materi shalat pada pelajaran Fiqih setelah menggunakan media gambar diterapkan di kelas VII MTs Al-Hilaal Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan terhitung mulai dari tanggal 25 Januari sampai dengan 25 Juni 2021. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di kelas VII MTs Al-Hilaal Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah dengan jumlah subjek 28 orang siswa. Untuk menganalisis data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji presentasi kemudian disesuaikan dengan penilai acuan patokan (PAP) dengan indikator keberhasilan yang mengacu kepada kriteria ketuntasan minimal (KKM) secara individu dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar ternyata dapat meningkatkan hasil belajar pada materi shalat di kelas VII MTs Al-Hilaal Morella, hal ini dapat dilihat dari Mengacu kepada standar nilai KKM yang pada mata pelajaran fiqih di kelas VII yakni 65 pada hasil siklus I, maka untuk mengetahui ketuntasan peserta didik dapat dilihat pada siklus I dari 28 peserta didik yang mendapat kategori tuntas 28 peserta didik dengan presentase 100% yang memeroleh nilai KKM ≥ 65, sedangkan 0 peserta didik dengan presentase 0% yang memeroleh nilai KKM <65 dengan kategori tidak tuntas. Dengan demikian, maka berdasarkan hasil tes pada siklus I, maka peneliti tidak melanjutkan proses pembelajaran pada siklus II dikarenakan hasil tes telah menunjukkan ketuntasan belajar peserta didik pada materi shalat bedasarkan standar KKM di MTs Al-Hilaal Morella yakni 65, sehingga hasil tes pada siklus I peserta didik sudah dinyatakan tuntas secar klasikal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Samad Umarella, M.Pd / Nur Khozin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Media gambar, sholat, fiqih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 30 Nov 2021 01:52
Last Modified: 30 Nov 2021 01:52
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1737

Actions (login required)

View Item View Item