Pengaruh Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan Dengan Strategi Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Materi Sistem Pencernaan Makanan MTS Nurul Ikhlas Ambon

Bungalolo, Sarianti (2021) Pengaruh Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan Dengan Strategi Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Materi Sistem Pencernaan Makanan MTS Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dan strategi pembelajaran think Pair Share (TPS) memberikan waktu siswa untuk berpikir dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, juga dapat meningkatkan interaksi sosial diantara siswa dalam kelompok, terutama pada tahap pair dan share, karena siswa dituntut untuk saling bekerja sama, saling menghargai, saling membantu dan saling berbagi yang dapat menumbuhkan kepekaan sosial dan juga dapat meningkatkan berpikir kritis. Tujuan penelitian 1. Apakah ada pengaruh strategi pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan staregi pembelejaran Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa Kelas VII Materi Sistem Pencernaan Makanan di MTS Nurul Ikhlas Ambon?, 2) berapa besar pengaruh strategi pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan pembelejaran Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa Kelas VII Materi Sistem Pencernaan Makanan di MTS Nurul Ikhlas Ambon?. Tipe penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deksritif kuantitatif sampel dalam penelitian ini adalah 15 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah varibel X : pola pemberdaayan berpikir melalui pertanyaan melalui pembelajaran Think Phair Share dengan indikator angket respon siswa dan variabel Y : skor kemampuan berpikir kritis siswa indikator soal tes essay. Analisis data penelitian ini adalah menggunakan analisis produk moment . Hasil penelitian menunjukan: 1. ada pengaruh yang signifikan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan hasil angket diperoleh persentase sebesar 60 % indikator sangat senang dan hasil presentase 40 % dari 6 responden indikator senang. 2 Hasil analisis data diperoleh ada pengaruh PBMP dan TPS terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 3, 547 dan r tabel sebesar 0,553.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Surati, M. Pd / Pembimbing II : Sarty Imkari, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sistem Pencernaan Makanan, Think Pair Share
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 30 Nov 2021 02:54
Last Modified: 30 Nov 2021 02:54
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1740

Actions (login required)

View Item View Item