Penerapan Model Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di MA Al-Ikhlas Kairatu

Samsiar, Suatrean (2021) Penerapan Model Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di MA Al-Ikhlas Kairatu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran pada MA Al-Ikhlas Kairatu masih banyak menggunakan pembelajaran yang bersifat konvensional yang hanya berpusat pada teacher centered dan mengabaikan student centered, sehingga menyebabkan siswa cenderung pasif serta menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi konsep sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas XI MA Al-Ikhlas Kairatu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk menyusun hasil penelitian. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 (satu) bulan yakni pada bulan November 2020 bertempat di MA Al-Ikhlas Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I nilai aktivitas belajar siswa kelas XI MA Al-Ikhlas Kairatu berada pada kategori tinggi dan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 74 lebih besar dari KKM individu (70), serta nilai KKM klasikal yang diperoleh siswa adalah 87,50% lebih tinggi dari KKM klasikal yang ditetapkan oleh sekolah yakni 75%. Dengan demikian, pada siklus I penerapan model pembelajaran reciprocal teaching (pembelajaran timbal balik) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan makanan pada manusia kelas XI MA Al-Ikhlas Kairatu, sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. M. Faqih Seknun, M. Pd / Pembimbing II : Sarty Imkari, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sistem Pencernaan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 30 Nov 2021 04:23
Last Modified: 30 Nov 2021 04:23
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item View Item