Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Inquiry Dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pernapasan Di Kelas VIII Mts Negeri 2 Maluku Tenggara

Tarabubun, Helmia (2021) Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Inquiry Dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pernapasan Di Kelas VIII Mts Negeri 2 Maluku Tenggara. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran pada MTs Negeri 2 Maluku Tenggara masih banyak menggunakan pembelajaran yang bersifat konvensional yang hanya berpusat pada teacher centered dan mengabaikan student centered, sehingga menyebabkan siswa cenderung pasif serta menyebabkan hasil belajar siswa rindah. Tujuan dari penilitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajan inquiri dan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siwa pada materi sisten pernapasan pada manusia di kelas VIII MTs Negeri 2 Maluku Tenggara. Penilitian ini berlangsung selama satu bulan, yakni pada bulan maret 2020, bertempat di MTs Negeri 2 Maluku Tenggara Kabupaten Maluku Tenggara. Teknis analisis data yang gunakan adalah kualitatif deskriptif untuk menyusun hasil penilitian. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa perbedaan hasil belajar model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem pernapasan di kelas VIII Negeri 2 Maluku Tenggara diketahui nilai sig untuk hasil belajar biologi model inqury kelas VIIIA dan hasil belajar biologi PBL kelas VIIIB dari tabel koevisien di atas diperoleh nilai sig, hasil belajar biologi inquiry = 0,001, 0,05=a dan nilai sig hasil belajaran biologi model PBL = 0,003 < 0,05= a. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 di terima, yang artinya terdapat perbandingan hasil belajar model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem pernapasan di kelas VIII MTs Negeri 2 Maluku Tenggara. Sehingga dapa disimpulkan bahwa H0 ditolak H1 diterima, yang artinya tedapat perbandingan hasil belajar model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran berbasis masalah pada sistem pernapasan di kelas VIII MTs Negeri 2 Maluku Tenggara. Dan dapat dikatakan sudah efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Janaba Renngiwur, M. Pd / Pembimbing II : Sarty Imkari, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sistem Pernapasan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 30 Nov 2021 04:56
Last Modified: 30 Nov 2021 04:56
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item View Item