Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Picture And Picture Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kilmuri Kabupaten Seram Bagian Timur

Kubal, Syahril (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Picture And Picture Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kilmuri Kabupaten Seram Bagian Timur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Lembar kerja siswa merupakan bahan ajar berisi materi, ringkasan dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh siswa dan mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai yang dipadukan dengan model pembelajran. Dan LKS pembelajaran berbasis picture and pictur merupakan sebuah pendekatan pembelajatan yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik untuk belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis picture and picture materi sistem pencernaan pada manusia untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kilmuri Kabupaten Seram Bagian Timur. Penelitian ini merupakan pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 September sampai dengan 20 Desember 2020 dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas dengan jumlah 26 orang. Instrumen penelitian berupa angket, instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan lembar kegiatan siswa, memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 3,78. Hal tersebut dapat dilihat pada semua aspek penilaian yang berada pada kriteria valid sehingga layak untuk digunakan. Sedangkan kevalidan tes hasil belajar memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 3,5 sehingga dapat diujicobakan di lapangan. Kepraktisan lembar kegiatan siswa yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan melihat pengamatan keterlaksanaan pembelajaran terlaksana seluruhnya dengan nilai rata-rata 2,14 dengan kriteria terlaksana dengan baik. Keefektifan bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif melihat tes hasil belajar mendapatkan nilai rata-rata skor sebesar 78,93 dengan kriteria tinggi. Secara keseluruhan persentase rata-rata skor uji keefektifan perangkat pembelajaran mendapatkan nilai 86%. sedangkan respons yang diberikan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan lembar kegiatan siswa dari 26 siswa yang di amati tiap-tiap pertanyaan diperoleh jawaban SS dan S sudah mencapai lebih dari 70% siswa yang memberi respon positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan lembar kegiatan siwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Muhammad Rijal, M. Pd / Pembimbing II : Zamrin Jamdin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sistem Pencernaan pada Manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 01 Dec 2021 03:11
Last Modified: 01 Dec 2021 03:11
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1758

Actions (login required)

View Item View Item