Hubungan Masyarakat (Humas) Sebagai Media Komunikasi Pemerintah di Kota Ambon

Kailul, Jubaida (2021) Hubungan Masyarakat (Humas) Sebagai Media Komunikasi Pemerintah di Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI JUBAIDAH KAILUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)

Abstract

Peranan Humas di lingkungan pemerintahan sangat penting dalam membangun relasi kepada masyarakat baik secara umum maupun secara khusus. Apalagi pemerintah tengah menghadapi berbagai persoalan kemasyarakatan yang mendasar. Upaya revitalisasi peranan kehumasan sangat penting dan menjadi tuntutan yang mendesak saat ini, wajib dilaksanakan di semua instansi pemerintah, sebagai momentum strategis untuk melakukan perubahan tatanan peranan kehumasan yang dapat bersinergi secara efektif. Media relations Humas Pemerintah Kota Ambon sebagai wadah eksternal kurang memiliki hubungan strategis dengan media massa sehingga minimnya informasi ke khalayak yang berkaitan dengan pembangunan daerah. Jenis penelitian yang di gunakan adalah bentuk penelitian kualitatif, dengan strategi pendekatan deskripsi analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi observasi awal dengan Kepala Dinas, Kepala Bidang Humas dan Kepala Bidang Komunikasi, wawancara dan dokumentasi dengan cara menganalisis data-data tertulis dalam dokumen-dokumen seperti surat kabar Ambon Express, Amex dan Kabar Timur. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Humas mempunyai tugas melaksanakan hubungan kemitraan dengan media yang terkait dengan kehumasan, menyiapkan bahan dan fasilitasi jumpa pers berkaitan dengan kebijakan Pemerintah Kota Ambon, melaksanakan pengelolaan berita dalam website Pemerintah Kota Ambon, melaksanakan pengelolaan sosial media Pemerintah Kota Ambon, melaksanakan kegiatan peliputan dan dokumentasi agenda atau aktivitas Pemerintah Kota Ambon. Kemudian menggunakan beberapa jenis media komunikasi tidak langsung yaitu: (a) Website yang digunakan yaitu ambon.go.id. (b) Media Sosial, yang digunakan humas yaitu Facebook, twitter dan instagram. (c) Media Cetak, yang digunakan oleh Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Ambon yaitu Amex, Ambon Express dan Kabar Timur. (d) Media Elektronik berupa siaran stasiun berita melalui siaran TVRI dan Carang TV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Andi Fitriyani, M.Si / Sariyah Ipaenin, M.Sos
Uncontrolled Keywords: Humas, Pelayanan Masyarakat, Media Komunikasi
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurnalistik
Jurnalistik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurnalistik
Berdasarkan Subyek > Jurnalistik
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 08 Dec 2021 04:29
Last Modified: 08 Dec 2021 04:29
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item View Item