Rohim, Nur (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang Terkandung Pada Kisah Nabi Daud a.s QS. al-Baqarah (2) ayat 251 (Perspektif Tafsir Ibnu Katsir). Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I.III.V.PDF Download (3MB) |
|
Text
NUR ROHIM.PDF Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berkenaan dengan studi tentang analisis nilai-nilai pendidikan Islam pada kisah Nabi Daud a.s QS al-Baqarah (2) ayat 251 (Perspektif Tafsir Ibnu Katsir). Tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam pada Kisah Nabi Daud a.s QS al-Baqarah (2) ayat 251 (Perspektif Tafsir Ibnu Katsir). Jenis penelitian ini adalah jenis peneliti kajian kepustakaan (Library Research) karena sumber datanya berasal dari bahan-bahan kepustakaan. Sumber peneliti ini terdiri dari sumber Primer dan Skunder. Sumber primer yang bersumber dari QS al-Baqarah (2) ayat 251 dan buku Tafsir Ibnu Katsir yang ditulis oleh Al-Imam Abu Fida Ismail Ibnu Katsir Ad-Dimasqi. Sumber skunder yang terdiri dari buku-buku atau artikel-artikel dan jurnal-jurnal pendidikan yang terkait dengan fokus penelitian. Penelitian ini dilaksanakan sejak mulai dari tanggal 26 April 2021 sampai dengan 26 Mei 2021. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilia Pendidikan Islam pada Kisah Nabi Daud a.s QS al-Baqarah (2) ayat 251 (Perspektif Tafsir Ibnu Katsir) dapat ditarik kesimpulannya untuk menjawab rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut: Penafsiran QS al-Baqarah (2) ayat 251 (Perspektif Tafsir Ibnu Katsir) adalah kepercayaan akan adanya Allah Swt dalam membenarkan suatu hal dan selalu menolong hambanya yang membutuhkan pertolongan dan takut akan benar keberadaanya Allah Swt dan kita wajib menyembah hanya kepadanya semata, tauhid yang berarti mengesakan Allah Swt, dan pengendalian diri dalam menghadapi situasi dan kondisi yang sedang dia alami, serta menekankan harus dengan adanya keterlibatan suatu perkara kebaikan yang harus disertakan dengan adanya Allah Swt dalam setiap suatu keadaan dan aktifitas. Analisis nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung pada Kisah Nabi Daud a.s QS al-Baqarah (2) ayat 251 (Perspektif Tafsir Ibnu Katsir) terdiri dari empat nilai-nilai penting yaitu: keberanian, keimanan, kesabaran, rahmat Allah Swt. Nilai keberanian adalah seorang pendidik harus berani bertanggung jawab atas apa yang di sampaikanya. Nilai keimanan adalah menyebutkan bahwa iman adalah keyakinan di dalam hati manusia yang diucapkan melalui lisan dan perbuatan dengan anggota tubuh. Nilai kesabaran adalah menahan diri dari rasa gelisah, cemas, dan amarah. Menahan lidah dari keluh-kesah. Nilai rahmat Allah Swt adalah rahmat yang diterima oleh Nabi Daud a.s dari Allah Swt yaitu hikmah dan kerajaan yang di pimpinnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Muhajir Abdurrahman, M.Pd.I / Dr. Yusuf Abdurachman Luhulima, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Islam QS al-Baqarah (2) ayat 251 Tafsir Ibnu Katsir |
Subjects: | Al-Qur'an Al-Qur'an Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 02:19 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 02:19 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1819 |
Actions (login required)
View Item |