Rabrusun, Nirmala Hastuti (2021) Pengembangan Lembar kerja Siswa Materi Sistem Reproduksi Terintegrasi Islam Sains Untuk Siswa Kelas IX MTS. Negeri I Maluku Tenggara. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I.III.V.pdf Download (8MB) |
|
Text
NIRMALA HASTUTI RABRUSUN.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan pengajaran pendidikan islam adalah untuk mengembangkan serta mengenalkan karakter serta moral dibidang pendidikan. Islam telah menetapkan bahwa pengajaran yang baik sangat penting karena mampu meningkatkan perkembangan kompetensi individu secara holistik, seimbang, danterpadu, meliputi intelektual,spiritual, dan aspek fisik. tipe penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yang terdiri atas 4 tahapan utama yaitu: Define, Design, Develop dan Disseminate akan tetapi dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Develop. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kualitas pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Materi Sistem Reproduksi pada Manusia Terintegrasi Islam Sains Untuk Siswa Kelas IX MTS. Negeri I Maluku Tenggara Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX MTS.Negeri I Maluku Tenggara. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelititna ini meliputi: instrumen pengujian validitasi berupa lembar validasi penilaian perangkat pembelajaran oleh validator, instrumen uji kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, instrumen uji keefektifan berupa tes hasil belajar siswa dan angket respon siswa. data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakana analisis data deskriptif Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa LKS yang dikembangkan berada pada kiteria sangat valid dengan nilai rerata total 4,50 yang telah divalidasi oleh validator, Hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan dan berada pada kriteria terlaksana dengan baik pada setiap pertemuan, Sedangkan keefektifan perangkat pembelajaran yang di kembangkan untuk hasil belajar siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran adalah 23 orang (85,2%) dari 25 siswa yang tidak tuntas 2 orang yzng tidak tuntas dan hasil angket respon siswa pada Lembar Kegiatan Siswa berada pada kriteria dengan respon yang sangat positif yaitu lebih dari 80% . Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berupa Lembar Kegiatan Siswa Materi Sistem Reproduksi pada Manusia Terintegrasi Islam Sains yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Janaba Rengiwwur, M.Pd / Zamrin Jamdin, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Lembar Kegiatan Siswa Terintegrasi Islam Sains |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 12 Dec 2021 23:31 |
Last Modified: | 12 Dec 2021 23:31 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1840 |
Actions (login required)
View Item |