Identifikasi Kendala-Kendala Pendidik Dalam Pembelajaran IPA Terpadu SMP Al-Wathan Ambon Tahun Ajaran 2020/2021

Patty, Halim (2021) Identifikasi Kendala-Kendala Pendidik Dalam Pembelajaran IPA Terpadu SMP Al-Wathan Ambon Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HALIM PATTY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB)

Abstract

Pembelajaran IPA Terpadu mengharapkan peserta didik dapat memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas tentang suatu konsep-konsep dasar pengetahuan alam, manusia, clan lingkunganya serta memilki kepekaan dan kesadaran terhadap alam dan lingkungannya, sehingga diharapkan pada kehidupannya kelak dapat menjadi anggota masyarakat dan warga yang baik. Tujuan tersebut dapat tercapaimanakala program-program pelajaran IPA terpadu disekolah diorganisasikan secara baik. Penelitian mt bertujuan untuk mengidentifikasi kendala-kendala pendidikan dalam pembelajaran IPA Terpadu di SMP Al-Wathan Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah pencarian data di lapangan (lokasi penelitian), karena penelitian yang dilakukan menyangkut dengan persoalan atau kenyataan dalam kehidupan nyata, bukan pemikiran abstrak yang terdapat dalam teks-teks atau dokumen dokumen tertulis atau terekam. Disebut juga penelitian lapangan karena peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian yaitu di SMP Al Wathan Ambon untuk mengumpulkan data-data dan informasi yang berhubungan dengan masalah yang dibahas. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan, yakni dari tanggal 10 Mei dampai 10 Juni 2021, bertempat di SMP Al-Wathan Ambon. Berdasarkan basil penelitian bahwa guru SMP Al-Wathan Ambon Faktor kendala internal yang ditemui adalah rendahnya pemahaman para guru bidang studi IPA Terpadu, disebabkan latar belakang pendidikan dari masing-masing guru tersebut berbeda. Faktor kendala eksternal terdiri dari jaringan internet yang tidak stabil, fasilitas handphone yang dimiliki para guru dan siswa, buku paket sebagai Penunjang guru yang disediakan oleh pihak sekolah jumlahnya terbatas, kekurangan alat peraga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Corneli Pary,M.Pd / Nana Ronawan Rambe, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA Terpadu
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:20
Last Modified: 13 Dec 2021 03:20
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1857

Actions (login required)

View Item View Item