Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Jigsaw Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di VIII SMP Negeri Satap Masawoy Kabupaten Buru Selatan

Belasa, Fitria (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Jigsaw Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di VIII SMP Negeri Satap Masawoy Kabupaten Buru Selatan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FITRIA BELASA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat membantu siswa menyelesaikan soal secara mandiri yaitu dengan cara memberikan lembar kerja peserta didik. Lembar kerja peserta didik merupakan bahan ajar cetak berisi materi, ringkasan dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh siswa dan mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai yang dipadukan dengan model pembelajran. Dan model pembelajaran berbasis jigsaw merupakan sebuah pendekatan pembelajatan yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik untuk belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis jigsaw pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri Satap Masawoy Kabupaten Buru Selatan. Penelitian ini merupakan pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 September sampai dengan 1 Oktober 2020 dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Satap Masawoy Kabupaten Buru Selatan dengan jumlah 18 orang. Instrumen penelitian berupa angket, instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan lembar kerja peserta didik, memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata 4,2. Hal tersebut dapat dilihat pada semua aspek penilaian yang berada pada kriteria sangat valid sehingga layak untuk digunakan. Sedangkan kevalidan tes hasil belajar memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,18 sehingga dapat diujicobakan di lapangan. Kepraktisan lembar kerja peserta didik yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan melihat pengamatan keterlaksanaan pembelajaran terlaksana seluruhnya dengan nilai rata-rata 2,14 dengan kriteria terlaksana dengan baik. Keefektifan bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif melihat tes hasil belajar mendapatkan nilai rata-rata skor sebesar 78,93 dengan kriteria tinggi. Secara keseluruhan persentase rata-rata skor uji keefektifan perangkat pembelajaran mendapatkan nilai 86%. sedangkan respons yang diberikan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja peserta didik dari 18 siswa yang diamati tiap-tiap pertanyaan diperoleh jawaban SS dan S sudah mencapai lebih dari 70% siswa yang memberi respon positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan lembar kerja peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Irvan Lasaiba, M.Biotech / Sarti Imkari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembagan LKPD, Model Pembelajaran Jigsaw, Sistem Pencernaan Manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:38
Last Modified: 13 Dec 2021 03:38
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1863

Actions (login required)

View Item View Item