Strategi Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Darusalam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an di Desa Wirin Kecamatan Hoat Sorbay Kabupaten Maluku Tenggara

Fernatubun, Ratna (2021) Strategi Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Darusalam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an di Desa Wirin Kecamatan Hoat Sorbay Kabupaten Maluku Tenggara. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RATNA FERNATUBUN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui strategi Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Darusalam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di Desa Wirin Kecamatan Hoat Sorbay Kabupaten Maluku Tenggara dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Darusalam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an di Desa Wirin Kecamatan Hoat Sorbay Kabupaten Maluku Tenggara. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 15 September 2020 sampai dengan 15 Oktober 2020 dengan lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPA) Darusalam Desa Wirin Kecamatan Hoat Sorbay Kabupaten Maluku Tenggara. Adapun yang menjadi informan dalam penelitan ini terdiri dari ustadz dan ustadzah yakni 3 orang tenaga pengajar. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, serta dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data (data reducation), pengkajian data (data display) dan kesimpulan data (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam pelaksananaan pembelajaran al-Qur’an di TPA Darussalam Wirin menerapkan strategi dalam pembelajarannya agar dapat meningkatkan kemampuan baca al-Qur’an santri. Strategi penyampaian dalam pembelajaran menggunakan metode Iqro dan Qiroaty (al-Qur’an besar), pengelompokan belajar disesuaikan dengan kemampuan santri, alokasi waktu pembelajaran al-Qur’an di TPA dan di rumah guru, media pembelajaran yang efektif dan evaluasi pembelajaran yang terstruktur, pemilihan isi materi di sesuaikan dengan materi yang ada pada setiap jilid pada iqro. Faktor pendukung pembelajaran al-Qur’an di TPA Darussalam Wirin diantaranya; kualitas dewan guru yang baik dan semangat guru untuk mengajarkan al-Qur’an, keaktifan santri mengaji di TPA dan di rumah guru, metode pembelajaran al-Qur’an yang diterapkan, alokasi waktu yang digunakan dalam pembelajaran al-Qur’an, serta lingkungan yang kondusif berupa dukungan dari masyarakat dan wali santri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah; menurunnya semangat dewan guru dalam memberikan pembelajaran yang inovatif, keaktifan guru dan santri dalam pembelajaran al-Qur’an, kurangnya fasilitas sarana dan prasarana, guru yang masi kurang bila di bandingkan dengan jumlah santri yang ada di TPA Darussalam, serta kurangnya dorongan dari orang tua untuk memperhatikan santri waktu jam ngaji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: M. Taib Kelian, M.Fil / Baiti Ren'el M.Sos.I
Uncontrolled Keywords: Strategi, TPQ Darusalam, Kesulitan Membaca Al-Qur’an.
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 24 Jan 2022 01:02
Last Modified: 24 Jan 2022 01:02
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item View Item