Bahasa Humor Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 22 Maluku Tengah Kecamatan Salahutu

Titin, Titin (2021) Bahasa Humor Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 22 Maluku Tengah Kecamatan Salahutu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Bahasa humor sangat diperlukan dalam membentuk emosi dan interaksi di kalangan guru dan peserta didik. Walau bagaimanapun pelaksanaannya dalam situasi sebenarnya masih pada tahap rendah dan dianggap remeh pada sesi pembelajaran di sekolah. Sesungguhnya bahasa humor tersebut memberikan kontribusi yang tak terkira dalam kehidupan manusia, terutama dalam dunia pendidikan. Dimana seorang guru mampu menghilangkan rasa bosan atau ketegangan dalam kelas melalui bahasa humor. Penelitian ini merupakan penelitian yang diamati secara langsung di lapangan dengan mengambil objek penelitian dari buku-buku yang memperkuat teori bahwa humor dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga tujuan dari pembelajaran mampu tercapai. Untuk memperoleh data yang sesuai dengan topik permasalahan tersebut penulis menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu fekta, gejala dan keadaan objektif yang terjadi di lapangan. Analisis data dilakukan dengan metode deduktif, yaitu pemikiran yang bertolak pada fakta-fakta yang umum kemudian ditarik pada suatu kesimpulan yang bersifat khusus, dan metode induktif, yaitu dengan cara mengambil suatu kesimpulan dari situasi yang konkret menuju pada hal-hal yang abstrak atau dari pengertian yang khusus menuju pengertian yang bersifat umum. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa urgensi penerapan bahasa humor pada pembelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan humor agar terciptanya kondisi peserta didik agar mampu memperoleh pengetahuan dengan lebih mudah serta menghilangkan rasa bosan siswa, sehingga meningkatkan komunikasi siswa dalam pembelajaran PAI dan implementasi bahasa humor dalam pembelajaran pendidikan agama islam dapat diterapkan cerita lucu dalam meningkatkan semangat dan mengurangi stress, menghilangkan rasa bosan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan tujuan agar siswa berkomunikasi tanpa ragu yang membuahkan hasil belajar lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nurlaila Sopamena, M. Pd / Pembimbing II : Saddam Husein, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: PAI, Bahasa Humor
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:22
Last Modified: 07 Feb 2022 02:22
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item