Konsep Pendidikan Integral Menurut Mohammad Natsir

-, Endang (2021) Konsep Pendidikan Integral Menurut Mohammad Natsir. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ENDANG pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Konsep Pendidikan Islam Integral Menurut Mohammad Natsir, bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan integral yang diterapkan oleh Mohammad Natsir. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (library research) karena data-data dalam penelitian ini diambil dari bahan-bahan pustaka. Penelitian ini menggunakan beberapa metode antara lain: Content, historis dan deskriptif. Adapun sumber data yang diambil melalui data primer dan data sekunder. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemikiran Mohammad Natsir tentang pendidikan integral adalah model pendidikan yang memadukan antara pendidikan Islam dan pendidikan umum, ini dibuktikan dengan tidak mempertentangkan antara barat dengan timur. Islam hanya pengenal antagonisme antara hak dan bathil. Semua yang hak diterima, biar pun datangnya dari barat, semua yang bathil akan disingkirkan biarpun dari timur datangnya. Dengan terciptanya pendidikan integral peserta didik dapat mementingkan antara ruhani dan jasmani. Implementasi pendidikan integral Mohammad Natsir itu adalah kurikulum yang dipakai adalah kurikulum nasional dan kurikulum agama. Serta menyeimbangkan antara kehidupan duniawi dan ukhrawi, keseimbangan antara jasmani dan ruhani. Pada sekolah umum, Pendidikan Agama Islam harus dimasukkan secara seimbang. Begitu pula dengan pesantren juga harus memasukkan pendidikan umum secara seimbang pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr Abidin Wakano, M.Ag. / Hayati Nufus M.A.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam Integral, Mohammmad Natsir
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 02 Mar 2022 02:59
Last Modified: 02 Mar 2022 02:59
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2151

Actions (login required)

View Item View Item