-, Karfila (2021) Penerapan Model Pembelajaran Synectik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Virus di Kelas X SMA Negeri 27 Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I.III.V.pdf Download (2MB) |
|
Text
KARFILA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Beragamnya model pembelajaran yang telah diterapkan di sekolah tentu akan lebih bijaksana bila guru memilih dan mencoba menggunakan model pembelajaran secara bervariasi untuk meningkatkan kualitas profesi dan produktifitasnya dalam mengacu pada pemenuhan kebutuhan peserta didik. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah model synectik. Dalam penerapan model synectik, guru memberikan gambaran atau informasi tentang suatu bahan belajar kemudian peserta didik tersebut mengelolanya sendiri, pada tahap akhir guru memberikan bimbingan. Permasalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran synectik dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi virus di kelas X SMA Negeri 27 Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat dan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran synectik untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada materi virus di kelas X SMA Negeri 27 Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan terhitung mulai dari Tahun Ajaran 2020/2021. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 27 Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat dengan jumlah subjek 28 orang siswa. Untuk menganalisis data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji presentasi kemudian disesuaikan dengan penilai acuan patokan (PAP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran synectik ternyata dapat meningkatkan hasil belajar pada materi virus di kelas X SMA Negeri 27 Seram Bagian Barat, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I menunjukkan 7 orang peserta didik atau 25% memperoleh nilai baik sekali, 10 orang peserta didik atau 35,71% memperoleh nilai baik, 11 orang peserta didik atau 39,28% memperoleh nilai cukup, dan tidak ada peserta didik yang memperoleh nilai kurang maupun nilai gagal dalam mengikuti proses belajar mengajar pada materi virus dengan menggunakan model pembelajaran synectik. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar peserta didik sudah meningkat dengan menggunakan model pembelajaran synectik, hal ini dilihat dari 10 orang peserta didik atau 35,71% memperoleh nilai yang sangat baik, 18 orang peserta didik atau 64,28% memperoleh nilai baik, dan tidak ada peserta didik yang memperoleh nilai cukup, kurang dan gagal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Rosmawati T, M.Si, / Irvan Lasaiba, M.Biotech |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Synectik, Hasil Belajar Biologi, Materi Virus. |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 01:32 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 01:32 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2163 |
Actions (login required)
View Item |