Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Peserta Didik Kelas VIII di MTs. Hasyim Asy’ari Ambon

Ode, Yuniati (2021) Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Peserta Didik Kelas VIII di MTs. Hasyim Asy’ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
YUNIATI ODE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang 1. Bagaimana profesionalisme guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik, 2. Bagaimana prestasi akademik peserta didik, sehingga peserta didik mengalami peningkatan pada prestasi akademik atau hasil belajar dari keseluruhan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melalui profesionalisme guru, peserta didik dapat menerima pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan baik, untuk itu guru perlu kemampuan profesional dalam merencanakan program belajar mengajar, penguasaan bahan pembelajaran, kemampuan melaksanakan dan mengelolah proses pembelajaran, dan kemampuan mengevaluasi pembelajaran, semua itu harus dilakukan oleh guru dengan malakukan pendekatan, strategi, metode yang baik, memberikan tes, serta membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk meningkatkan prestasi akademik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, menggambarkan suatu fakta, gejala atau fenomena yang ditemukan dilapangan atau yang dipelajari. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian partisipatoris, yakni peneliti langsung berada di lokasi penelitian untuk melakukan interview langsung dengan informan untuk memperoleh informasi tentang masalah yang diteliti, yang dilaksanakan pada tanggal 21 Juni sampai pada tanggal 21 Juli 2021 di MTs. Hasyim Asy’ari Ambon, dengan sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, 1 guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan 6 peserta didik kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Ambon. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan profesionalisme guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang dilihat dari sertifikasi guru yang berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran, kelengkapan perangkat pembelajaran guru telah baik yakni rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus dan materi ajar atau bahan ajar sehingga profesionalisme guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik kelas VIII di MTS. Hasyim Asy’ari Ambon meningkat, seperti meraih juara pada lomba tingkat provinsi, tingkat nasional, dan nilai raport baik atau memenuhi KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Nurhasanah. M.SI / Dr. Maimunah. M.A
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Prestasi Akademik Peserta Didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 09 Mar 2022 01:08
Last Modified: 09 Mar 2022 01:08
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2169

Actions (login required)

View Item View Item