Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada SMAN 12 Seram Bagian Barat SMA Muhammadiyah Patinea dan SMA PGRI Pelita Jaya

Elly, Syarif (2021) Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada SMAN 12 Seram Bagian Barat SMA Muhammadiyah Patinea dan SMA PGRI Pelita Jaya. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SYARIF ELLY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam di SMAN 12 Seram Bagian Barat, SMA Muhammadiyah Patinea, dan SMA PGRI Pelita Jaya dan Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kegiatan ekstrakulikuler terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMAN 12 Seram Bagian Barat, SMA Muhammadiyah Patinea, dan SMA PGRI Pelita Jaya. Peneliti menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sebagai subjek penelitian yaitu siswa dan guru PAI. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta menngunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menunjukan bahwa Peran kegiatan ekstrakulikuler rohani (ROIS) terhadap hasil belajar PAI pada SMAN 12 Seram Bagian Barat, SMA Muhammadiyah Patinea, dan SMA PGRI Pelita Jaya memiliki dampak dan hasil yang baik dari setiap sekolah terhadap hasil belajar PAI dengan memaksimalkan waktu melalui setiap kegiatan dalam memahamkan materi-materi pembelajaran pendidikan agama Islam kepada siswa pada setiap sekolah. Dan Faktor yang pendukung dan faktor penghambat yang paling berperan penting dalam proses kegiatan ekstrakulikuler rohani (ROIS) terhadap hasil belajar PAI pada SMAN 12 Seram Bagian Barat, SMA Muhammadiyah Patinea, dan SMA PGRI Pelita Jaya merupakan faktor non materi yaitu: Pertama,non materi berasal dari dalam diri pendidik maupun peserta didik, berupa siswa yang tidak berkeinginan ikut dan mensukseskan kegiatan rohani Islam dan dari pendidik karena kurang memiliki kemampuan dalam membina kegiatan ini. Kedua, non materi yang berasal dari keadaan dan alam, berupa sering kali jadwal yang bertabrakan sehingga menggangu kegiatan rohani Islam ini dan keadaan alam yang sedang mengalami masa pandemic sehingga mengganggu dan menghambat kegiatan rohani Islam ini. Sehingga mengankibatkan berpengaruh pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pada setiap sekolah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Prof. Dr. Drs. Idrus Sere, M.Pd.I / Dr. Muhajir Abd. Rahman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran, Ekstrakulikuler Rohani Islam, Hasil Belajar PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 09 Mar 2022 01:14
Last Modified: 09 Mar 2022 01:14
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2170

Actions (login required)

View Item View Item