Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi Kurikulum 2013 di SMP Muhammdiyah Mamala

Malawat, Rahmawati (2021) Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi Kurikulum 2013 di SMP Muhammdiyah Mamala. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (914kB)
[img] Text
RAHMATIA MALAWAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)

Abstract

Keberhasilan kurikulum 2013 tidak hanya dilihat dari sinergi tiap-tiap guru dimana guru dituntut untuk menjadi motivator sekaligus fasilitator namun dilihat juga dari bagaimana sarana dan prasarana yang ada di sekolah, sehingga perlu dilihat bagaimana fasilitas yang ada di sekolah agar kurikulum 2013 terlaksana dengan baik. Implementasi sendiri merupakan tindakan dan pelaksanaan sebuah sistem yang didalamnya terjadi kegiatan komunikasi, interaksi dan hubungan timbal balik yang mencangkup sebuah tujuan yang akan dicapai, dalam hal ini yang ingin penulis lihat adalah faktor penghambat dan pendukung K13 di SMP Muhammadiyah. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian telah dilaksakan pada tanggal 10 Juni 2021 sampai dengan 10 Juli 2021, dan subjek penelitian ini yaitu, Kepala SMP Muhammdiyah Mamala, Wakasek Kurikulum, Guru Biologi 2 Orang dan Siswa 5 Orang Berdasarkan analisis data hasil penelitian, Implementasi kurikulum 2013 di SMP Muhammadiyah sudah sangat bagus karena tujuan kurikulum 2013 adalah menjadikan pendidik lebih mudah dalam memberikan materi pelajaran dan peserta didik mengalami peubahan baik dari segi pengetahuan, sikap dan keterampilan. faktor-faktor yang menjadi penghambat guru pendidikan biologi dalam mengimplentasikan kurikulum 2013 yaitu keterampilan guru dalam memahami kompetensi inti dan mengaitkannya dengan materi pembelajaran yang sesuai dengan siswa, kemampuan dalam pengelolaan waktu, dan juga penyesuaian dengan metode pembelajaran dan kurangnya sarana dan prasarana seperti infokus. Sedangkan factor pendukung implementasi kurikulum 2013 yaitu pelatihan yang diikuti guru, mitivasi dan pembinaan kepala sekolah, diskusi yang diikuti guru dengan sesama teman sejawat dan guru di skeolah lain yang sudah menerapkan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Kapraja Sangadji, M.Pd / Dr. M. Faqih Seknun, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Faktor Penghambat dan Pendukung, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 09 Mar 2022 01:27
Last Modified: 09 Mar 2022 01:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2171

Actions (login required)

View Item View Item