Interaksi Edukstif Guru Akidah Akhlak dengan Peserta didik dalam Upaya Membina Akhlak Mulia di MTs Al-Fatah Ambon

Usman, Mufahir (2021) Interaksi Edukstif Guru Akidah Akhlak dengan Peserta didik dalam Upaya Membina Akhlak Mulia di MTs Al-Fatah Ambon. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MUFAHIR USMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi edukatif guru Akidah Akhlak dengan Peserta didik dalam upaya membina Akhlak mulia. Dan tujuan yang kedua ingin mengetahui faktor-faktor interaksi guru Akidah Akhlak dengan peserta didik dalam upaya membentuk akhlak mulia di MTs Al-Fatah Ambon. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologis adapaun jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan sumber data yaitu kepala madrasah Al-Fatah Ambon, guru Akidah akhlak dan peserta didik kelas VII yang berjumlah 4 orang. Adapaun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dekomentasi. dan analisis data yang digunakan oleh penulis yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Interaksi Edukatif Guru akidah akhlak dengan peserta didik dalam membina akhlak mulia kelas VII di MTs Al-Fatah Ambon terlebih dahulu menentukan tujuan yang harus dicapai, memiliki bahan pelajaran, menerapkan strategi dan metode pembelajaran, menerapkan media dan sumber belajar dan kemampuan pengembangan alat evaluasi dengan adanya interaksi edukatif tersebut sehingga terciptanya hubungan dengan baik antara guru akidah akhlak dengan peserta didik baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dan salah satu metode yang digunakan untuk membentuk akhlak mulia peserta didik dengan metode keteladanan, pembiasaan/latihan untuk beribadah, mengaji, nasehat dan cerita. Namun implementasi dari interaksi edukatif dalam membina akhlak mulia peserta didik masih ada sebagian kecil yang memang belum maksimal menunjukan berakhlak mulia seperti masih tidak mengikuti tata tertib sekolah, berkata tidak jujur, dan berkata tidak sopan terhadap gurunya, tidak mau melaksanakan shalat ketika disuruh, masih selalu mengejek temanya. Hal ini karena disebabkan beberapa faktor diantaranya faktor internal yaitu kepercayaan agama, Kurangnya Minat Dan Kesadaran Peserta Didik, dan faktor eksternal yaitu faktor sekolah, keluarga dan faktor lingkungan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Dr. H. St. Jumaeda, M.Pd. / Dr. Nursaid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukatif, Membina Akhlak Mulia.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 09 Mar 2022 01:56
Last Modified: 09 Mar 2022 01:56
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2172

Actions (login required)

View Item View Item