Silawane, Rahma (2021) Urgensi Media Visual Dalam Pembalajaran Fiqih Pada Materi Thaharah di MTs Al-Hilaal Tehoru. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I.III.V.pdf Download (2MB) |
|
Text
RAHMA SILAWANE.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran yang baik, dibutuhkan media penunjang (alat peraga) yang maksimal, karena dengan adanya alat bantu (media pembelajaran) akan lebih memudahkan para pengajar untuk memberikan pengertian dan pemahaman yang baik kepada siswa. Selain itu, dengan adanya media atau alat bantu maka siswa akan lebih tahu secara langsung apa yang sedang atau telah dijelaskan oleh pendidik. Salah satu media yang bisa digunakan untuk menunjang hasil belajar siswa adalah media visual. Media visual merupakan media yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya serap materi bahan ajar melalui penglihatan. Media ini sangat efektif jika digunakan sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penerapan media visual dalam pembelajaran fiqih pada materi Thaharah di MTs Al-Hilaal Tehoru, dan 2) urgensi dari media visual dalam pembelajaran fiqih pada materi Thaharah di MTs Al-Hilaal Tehoru. Jenis penelitian yang digunaka adalah penelitian kualitatif yang menekankan pada analisisnya. Dalam penelitian kualitatif ini akan mengungkapkan dan menjelaskan bagaimana urgen atau pentingnya media visual dalam pembelajaran fiqih pada materi Thaharah di MTs Al-Hilaal Tehoru. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) terdapat 5 kontribusi penerapan media pembelajaran visual gambar dalam pembelajaran fikih materi Thaharah seperti media visual sebagai penjelas, media visual memperkuat daya ingat siswa, media visual dapat menarik perhatian siswa, media visual dapat memberikan motivasi dan minat belajar siswa dan media visual dapat mengatasi ruang dan waktu. 2) urgensi penggunaaan media visual gambar yaitu siswa semakin semangat belajar, tidak mudah jenuh, meningkatkan pemahaman siswa, motivasi belajar bertambah, mempermudah penampaian materi, materi dapat tersampaikan secara efisien, materi dapat tersampaikan simpel dan utuh, penggunaan waktu dan ruang bisa efisien, dan guru tidak terlalu lama menggunakan metode ceramah. Dengan dampak yang sudah di sebutkan diatas, bahwa dampak penggunaan media visual gambar dalam pembelajaran fikih sangat cocok dan tepat dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Djamila Lasaiba, MA, / Saddam Husein, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Urgensi, Media Visual, Pembalajaran Fiqih, Thaharah |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 02:33 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 02:33 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2173 |
Actions (login required)
View Item |