Pembelajaran Kitab Safinah An-Najah dan Implementasinya di Kalangan Mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon

Landjai, Jumadi (2021) Pembelajaran Kitab Safinah An-Najah dan Implementasinya di Kalangan Mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
JUMADI LANDJAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pembelajaran Kitab Safinah An-Najah di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon, serta bagaimana implementasi mahasantri setelah mengikuti pembelajaran kitab Safinah An-Najah pada materi thaharah dan shalat di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran kitab Safinah An-Najah di Ma’had al-Jamiah IAIN Ambon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pada pembelajaran kitab Safinah An-Najah materi yang diajarkan berupa dasar-dasar syari’at, tata cara bersuci, tata cara beribadah berupa shalat, puasa, zakat, serta tata cara merawat jenazah. Metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab Safinah An-Najah sesuai dengan metode yang pada umumnya digunakan oleh pesantren dalam pembelajaran kitab kuning yaitu metode bandongan dan sorogan. Untuk evaluasi dari pembelajaran kitab Safinah An-Najah dilakukan seminggu sekali dengan ustadz menunjuk mahasantri untuk membaca ulang materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya. (2) Adapun proses implementasi mahasantri terkait dengan materi thaharah dan shalat sudah diterapkan dengan baik oleh mahasantri dalam kehidupan sehari-hari, ini dibuktikan dengan perubahan tingkah laku mahasantri berupa aktivitas ibadah yang semakin membaik dikarenakan materi yang mereka dapatkan tidak disimpan pada memori otak saja melainkan mereka implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. (3) Faktor pendukung dalam pembelajaran kitab Safinah An-Najah yaitu; pengajar/ustadz dan fasilitas, dimana kemampuan ustadz dalam menyampaikan materi dengan baik, selain itu fasilitas yang mendukung berupa kitab yang sudah tersedia, dan ruang belajar yang nyaman. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu; dari diri santri itu sendiri dimana kurangnya manajemen waktu dengan baik sehingga masih ada mahasantri yang telambat dalam mengikuti pembelajaran kitab Safinah An-Najah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Prof. Dr. La Jamaa, MH.I / M. Nakip Pelu, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kitab Safinah An-Najah dan Implementasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Mar 2022 00:02
Last Modified: 14 Mar 2022 00:02
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2189

Actions (login required)

View Item View Item