Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Tumbuh-Tumbuhan Kelas VIII MTs LKMD Sawa

Umagapi, Silva (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Tumbuh-Tumbuhan Kelas VIII MTs LKMD Sawa. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SILVA UMAGAPI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Hasil observasi awal yang dilakuakan di MTs LKMD Sawa diketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi sangat rendah. Salah satu cara untuk mengatasi rendahnya hasil belajar biologi siswa adalah menerapkan model pembelajar reflektif. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran reflektif terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur tubuh tumbuhan di kelas VIII MTs LKMD Sawa, serta berapa besar pengaruh model pembelajaran reflektif terhadap hasil belejar siswa pada materi struktur tubuh tumbuhan di kelas VIII MTs LKMD Sawa.Tipe yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 08 Februari – 08 Maret 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 MTs LKMD Sawa sebagai kelas control yang berjumlah 18 orang serta siswa kelas VIII2 MTs LKMD Sawa sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 19 orang siswa.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari metode reflektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs LKMD Sawa khususnya pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Nilai maksimum pada pos tes kelas eksperimen adalah 96,6 dan nilai rata-rata sebesar 67,69. Sedangkan Nilai maksimum pada post tes kelas kontrol adalah 93,3 dan nilai rata-rata sebesar 66,26. Besar pengaruh metode reflektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs LKMD Sawa khususnya pada materi struktur dan fungsi tumbuhan adalah 14,3% lebih besar dari metode konvensional pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Anasufi Banawi, M.Pd / Laila Sahubauwa, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif, Hasil Belajar siswa
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 17 Mar 2022 01:31
Last Modified: 17 Mar 2022 01:31
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2230

Actions (login required)

View Item View Item