Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Saintifik Materi Organ Pernapasan Pada Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas VIII di MTs Nurul Ikhlas Ambon

Rumatiga, Abd. Gani (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Saintifik Materi Organ Pernapasan Pada Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas VIII di MTs Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABD. GANI RUMATIGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan model pembelajaran, dengan cara siswa belajar dengan baik yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara efektif di dalam proses pembelajaran yang salah satu modul pembelajaran IPA berbasis saintifik materi organ pernapasan pada makhluk hidup untuk siswa kelas VIII di MTs Nurul Ikhlas Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan menurut Dick & Carey (2013) yang dimodifikasi menjadi delapan tahapan yaitu analisis kebutuhan, merumuskan tujuan khusus, mengembangkan instrumen, mengembangkan strategi, mengembangkan isi modul, evaluasi formatif, revisi, dan evaluasi sumatif. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa pada kelas VIII di MTs Nurul Ikhlas Ambon pada materi organ pernapasan pada makhluk hidup. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran IPA pada model pembelajaran berbasis saintifik untuk materi organ pernapasan pada makhluk hidup kelas VIII MTs Nurul Ikhlas Ambon dinyatakan sangat layak oleh para validator. Validasi dilakukan berdasarkan tiga aspek penilaian yaitu; aspek konten/isi, aspek desain, dan aspek bahasa dengan nilai rata-rata 3,79 (kriteria sangat layak). Kualitas pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis saintifik pada materi organ pernapasan pada makhluk hidup untuk siswa kelas VIII di MTs Nurul Ikhlas Ambon adalah layak, hal ini ditunjukkan dari validasi modul memenuhi kriteria dengan kategori sangat valid, kepraktisan modul berada pada kriteria terlaksana dengan baik, dan keefektivan modul berada pada kriteria tinggi dengan nilai rata-rata 79.95 (tinggi) dan persentase ketuntasan klasikal 91,39%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Muhammad Rijal, M.Pd / Zamrin Jamdin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Berbasis Saintifik, Sistem Pernapasan Makhluk Hidup.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 17 Mar 2022 23:13
Last Modified: 17 Mar 2022 23:13
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2240

Actions (login required)

View Item View Item